Share

1.116 Perangkat Desa Ikuti Pelatihan dan Pembinaan

Bojonegoro, 12/2 (Media Center) – Dalam rangka meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa DPMPD), Kabupaten Bojonegoro, menggelar pelatihan dan pembinaan kepada 1.116 orang aparatur desa yang baru dilantik beberapa waktu lalu, di Pendopo Malowopati, Senin (12/2/2018).

“Pelatihan dan pembinaan ini dilakukan selama tiga hari, untuk hari ini ada sekitar 400 orang yang mengikuti,”kata Kepala DPMPD, Jumari.

Menurutnya, perangkat desa harus memiliki pemahaman tentang kinerja pemerintahan desa. Harus ada sinergitas dengan perangkat yang lain, terutama bagi Sekretaris Desa (Sekdes).

“Sekdes ini, punya peran strategis di pemerintahan desa karena sebagai pelaksana program,”tandasnya.

Pihaknya berharap, Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa bisa lebih ditingkatkan lagi dan mengerti tupoksi masing-masing. Selain itu, harus menghindari hal-hal yang melanggar aturan.

“Perangkat desa harus memahami undang-undang dan semua aturan terkait desa. Jangan sampai, apa yang dilakukan melanggar hukum dan berpotensi merugikan daerah,”tandasnya.

Selain itu, Jumari menyayangkan, 7 desa yang hingga saat ini belum juga melantik perangkatnya yang lolos ujian. Karena, bisa mempengaruhi kinerja pemerintahan desa.

“Kita sudah melayangkan surat teguran kedua, tapi belum ada tanggapan dari desa,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

Leave a Comment