Share

1.342 JCH Bojonegoro Berangkat ke Tanah Suci

Bojonegoro, 30/7 (Media Center) – Pj Bupati Bojonegro Suprianto memberangkatkan jamaah calon haji (JCH) asal Bojonegoro di Pendopo Malowopati Bojonegoro, Minggu (29/7).  Sebanyak 1.342 JCH asal Bojonegoro ini terbagi menjadi tiga kloter yakni kloter 39, 40 dan 41 masing-masing sebanyak 445 orang serta kloter campuran yakni kloter 44 yang beranggotakan tujuh jamaah Bojonegoro serta jamaah dari kabupaten lainnya seperti Tuban, Pacitan dan Kota Surabaya.

Masrukin Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro mengatakan, untuk keberangkatan menuju embarkasi, kloter 39 dan 40 berangkat pada Minggu (29/7) pukul 15.00 WIB. Sedangkan untuk kloter 41pada Senin (30/7) jam 02.00 WIB dini hari.

“Sedangkan kloter campuran dijadwalkan pada hari Selasa(31/7) pukul 15.00 WIB,” terangnya.

Ia menyebutkan, dari rentang usia JCH Bojonegoro didominasi usia menengah yakni antara 40 – 50 tahun. Serta dari pekerjaan mayoritas adalah PNS dan petani.

“Dari 1.342 JCH Bojonegoro sekitar 900 orang masuk dalam kategori resiko tinggi yakni sejumlah 900 CJH,” imbuhnya.

Ada yang berbeda pada pemberangkatan tahun ini. Jika biasanya seluruh JCH dikumpulkan di pendopo untuk mengikuti pelepasan, kali ini seluruh jamaah langsung menuju bis yang akan membawa mereka ke asrama haji Sukolilo, sedang untuk prosesi ucapara pemberangkatan hanya diikuti oleh Ketua rombongan saja.

Pj Bupati Bojonegoro Suprianto dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberangkatan JCH Bojonegoro awal dari rangkaian ibadah haji untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Ia berpesan, agar seluruh jamaah menjaga kesehatan di tanah suci karena kondisi suhu dan cuaca yang berbeda dengan di tanah air.(*mcb)

Leave a Comment