Share

1.364 Petani Bojonegoro Manfaatkan Asuransi Pertanian

Bojonegoro, 9/11 (Media Center) – Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, menyebutkan, jumlah petani yang menggunakan asuransi pertanian sebanyak 1.364 orang yang tersebar di enam kecamatan di Bojonegoro.

Kepala Dinas Pertanian, Ahmad Djupari, mengatakan, para petani menyambut positif program yang diberikan oleh Menteri Pertanian ini. Dengan adanya asuransi, petani mendapat jaminan kepastian penggantian biaya produksi bila terjadi gagal panen.

“Dari enam kecamatan tersebut adalah Balen, Padangan, Kapas, Kanor, Bojonegoro, dan Sumberejo,” ujarnya, Rabu (9/11).

Dari total pengguna asuransi tersebut, rinciannya adalah, di Balen jumlah petani sebanyak 345 orang dengan luas lahan pertanian 178 hektar, Kecamatan Padangan sebanyak 400 orang dengan luas lahan 187,38 hektar.

Sementara, di kecamatan Kapas sebanyak 884 orang dengan luas lahan 773,76 hektar, kecamatan Kanor sebanyak 124 orang dengan luas lahan 167 hektar.

Untuk Kecamatan Bojonegoro sebanyak 56 orang dengan luas lahan 78 hektar, kecamatan Sumberrejo sebanyak 55 orang dengan luas lahan 28,8 hektar.

Adanya asuransi ini, lanjut Djupari, memberi jaminan kepada petani untuk kelanjutan produksi tanam jika gagal panen.

“Selama ini ketika gagal panen, petani harus menanggung kerugian sendiri. Akibatnya, mereka kesulitan mendapatkan modal untuk musim tanam berikutnya,” jelasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment