Share

123, 81 Dolar AS, Buku Kemiskinan “Akut” Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Buku karya DR.C.L.M Penders yang berjudul Bojonegoro 1900-1942: A Story of Endemic Poverty in North-East Java-Indonesia atau kemiskinan “akut” di Jawa Timur yang berfokus di Bojonegoro dijual dengan harga 123,81 Dolar Amerika Serikat atau setara Rp1.671.992/buku.

buku-sejarah-kemiskinan-bojonegoroBuku yang ditulis dalam bahasa Inggris yang diterbitkan Gunung Agung , pada 1984,  ditawarkan seharga   Rp1.671.992.00, tersebut bisa dibeli dengan sistem online malalui situs amazon.com.

Kanalbojonegoro yang melakukan penelusuran lewat goggle, Senin (19/10) menjumpai penjualan buku ditawarkan situs amazon. com, dengan menampilkan sampul depan warga putih dengan garis-garis orange.

Di dalam situs itu, juga disebutkan harga dalam dolar Amerika Serikat, tebal halaman, juga penerbitnya yaitu Gunung Agung tahun 1984.

Sampul buku serupa juga diunggah melalui blackberry messanger  oleh Bupati Bojonegoro Suyoto, yang dikirimkan ke berbagai kalangan. Tidak hanya itu, ia di berbagai kesempatan sering menyampaikan isi buku itu terkait  kemiskinan “akut” yang dialami warganya di era penjajahan Belanda.

“Buku yang menjadi pegangan saya agar ‪‎Bojonegoro‬ tidak seperti tahun 1900, miskin, kelaparan sehingga mati dengan sendirinya, saya tidak inin Bojonegoro seperti itu, Gagasan Lumbung Pangan Bojonegoro dan Lumbung Energi Bojonegoro akan selalu saya galakkan agar Bojonegoro semakin sejahtera,” tulisnya.

Salah satu blogger, Rifai menyatakan, saat ini ia tengah berusaha membeli buku tersebut. Ia mengungkapkan, membutuhkan buku ini untuk melakukan pemetaan kemiskinan di Bojonegoro.

“Buku ini menjadi salah satu acuan wajib untuk pemetaan kemiskinan Bojonegoro,” ujarnya pada kanalbojonegoro.com, Senin (19/10).

Seperti yang tercantum di situs amazon.com, buku yang berisi 144 halaman ini menceritakan kondisi Bojonegoro di tahun 1900-1942. Dalam buku ini digambarkan, Bojonegoro dalam kondisi terburuk dengan kemiskinan dan tingkat pendidikan yang rendah.(lya/*mcb)

Leave a Comment