Share

Awal Panen, Petani Bojonegoro Nikmati Harga Rp21.000/kilogram

Bojonegoro, 25/8 (Media Center) – Panen tanaman tembakau Virginia RAM di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, baru memasuki awal panen petikan daun bawah (gowok), namun petani menikmati harga tembakau rajangan kering Virginia RAM Rp21.000/kilogram.

Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro Akhmad Djupari, Jumat (25/8/2017), menjelaskan PT Sadana Arifnusa Ngawi, yang bermitra dengan petani di daerahnya sudah mulai melakukan pembelian tembakau untuk petikan bawah.

“Untuk petikan bawah saja harganya Rp21.000 per kilogram, bahkan ada yang sampai Rp32.000/kilogram ya jelas harga yang bagus. Petani yang bermitra PT Sadana Arifnusa akan memperoleh keuntungan,” kata dia menjelaskan.

Di daerahnya, lanjut dia, tanaman tembakau Virginia VO tertanam seluas 822 hektare, masih jauh dari kebutuhan PT Sadana Arifnusa Ngawi.”Kebutuhan PT Sadana Arifnusa seharusnya seluas 1.500 hektare, tetapi yang tertanam hanya 822 hektare,” kata dia menjelaskan.

Oleh karena itu, ia optimistis semua tanaman tembakau Virginia RAM yang tertanam di daerahnya akan dibeli PT Sadana Arifnusa dengan harga yang memadai.

Oleh karena itu, ia meminta para petani di daerahnya disiplin dalam melakukan pemetikan daun tembakau agar tidak memetik daun tembakau yang belum waktunya dipanen.

Selain itu, lanjut dia, petani juga tidak mencampur daun petikan bawah dengan petikan tengah atau petikan daun atas untuk menjaga kualitas.

Di daerahnya, kata dia, luas tanaman tembakau Virginia RAM, Virginia Voor Oogt (VO) dan Jawa, mencapai 8.399,8 hektare yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Pada awal panen sekarang ini, tambah dia, harga tembakau petikan bawah untuk Virginia VO basah Rp1.200/kilogram.

“Kami optimistis kualitas dan harga tembakau tahun ini membaik,” ucapnya. (*/mcb)

Leave a Comment