Share

168 Desa di Bojonegoro Akan Ikuti Pilkades Serentak 2019

sosialisasi pilkades 2019 di Balai Kecamatan Sumberrejo

Bojonegoro, 31/10 (Media Center) – Sebanyak 168 jabatan Kepala Desa lowong di tahun 2019, di 28 Kecamatan yang ada di Bojonegoro, demikian yang disampaikan PLt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Moch. Kosim pada acara Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang II Tahun 2019  di Pendopo Kecamatan Sumberejo, Selasa (30/10).

Ia menyebutkan, kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto ini merupakan langkah awal meminta masukan dari pemangku kepentingan terkait pelaksanaan Pilkades Serentak di Tahun 2019 yang akan disampaikan pada Bupati Bojonegoro Anna Muawanah.

Dalam sambutan dan arahannya Wakil Bupati Bojonegoro H. Budi Irawanto menyampaikan bahwa Pilkades serentak Tahun 2019 sama halnya Pilkada serentak, dan harus mematuhi  aturan yang berlaku.

“Sehingga harapannya bahwa Pikades serentak nantinya harus berlangsung aman dan tertib, dan itu harus menjadi komitmen bagi semua pihak,” ujarnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Djoko Lukito mengungkapkan kondisi desa yang akan mengikuti pilkades serentak 2019 mendatang. Ia menyebutkan, dari 168 jabatan Kepala Desa yang lowong ada empat desa yang dikepalai oleh Penjabat kades (Tahun 2017 dan 2018), Lima Kepala Desa yang berakhir bulan April 2019,  satu Kades yang berakhir Bulan Juni, 18 Desa Kades yang berakhir Bulan juli, 120 Desa Kades yang berakhir bulan Agustus dan 20 Desa Kades yang berakhir di bulan Desember.

“Karena rencananya Pilakdes serentak dilakukan pada Februari 2019 sebelum Pileg dan Pilpres, maka konsekuensinya bagi kades yang masa jabatanya berakhir Juni, Juli dan Agustus harus undur diri dan akan ada pengangkatan Penjabat Kades,” tutupnya.(*mcb/humas)

Leave a Comment