Share

19.015 Pelajar SD di Bojonegoro Terdaftar Sebagai Peserta US

Hari ini, (Senin, 19/5/2014) sebanyak 19.015 pelajar kelas VI Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur terdaftar sebagai peserta Ujian Sekolah (US). Pelaksanaan US ini dilakukan serentak mulai pukul 08.00 WIB dengan mata pelajaran hari pertama Bahasa Indonesia.

Bojonegoro (Media Center) – Hari ini, (Senin, 19/5/2014) sebanyak 19.015 pelajar kelas VI Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur terdaftar sebagai peserta Ujian Sekolah (US). Pelaksanaan US ini dilakukan serentak mulai pukul 08.00 WIB dengan mata pelajaran hari pertama Bahasa Indonesia.

Berbeda dengan Ujian untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maumun Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, US tingkat SD ini bukan satu-satunya patokan lulus tidaknya siswa. “Keputusan lulus tidaknya siswa ditentukan oleh pihak dewan guru melalui ujian ini,” ujar Husnul Khuluq, Kepala Dinas Pendidikan (Disdikda) Kabupaten Bojonegoro.

Dalam US tingkat SD materi yang diujikan adalah gabungan materi dari pusat dan daerah. 75% materi soalnya diolah dan disiapkan provinsi bersama tim guru dari Kabupaten/Kota, sementara sisanya, 25% materinya disiapkan dari pusat.

Pelaksanaan US di Kabupaten Bojonegoro ini dilaksanakan di 991 sekolah. Namun lantaran ada beberapa gedung sekolah yang dalam proses rehab maka pelaksanaanya digabung dengan sekolah lainnya dalam rayon yang sama. (*/lyamcb)

Leave a Comment