Share

2.044 Marbot di Bojonegoro dapat Insentif Rp125 ribu/bulan

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 2.044 marbot atau penjaga kebersihan tempat ibadah di Bojonegoro telah memperoleh insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Setiap orang mendapat Rp125 ribu/bulan yang diterimakan setiap 3 bulan sekali.

“Total anggaran yang kita sediakan tahun ini sebesar Rp5.895.000.000,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Bojonegoro, Sahari saat menghadiri Fesival Geopark di Objek Wisata Teksas Wonocolo beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, marbot penerima insentif ini telah dilakukan beberapa kali verifikasi agar bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran. Awalnya, jumlah marbot di Bojonegoro sebanyak 3.193 orang, dari 1.197 tempat ibadah baik masjid, dan geraja. Namun setelah dilakukan verifikasi pertama sebanyak 2.618 orang, dan tersisa 2.044 orang.

Verifikasi salah satunya didasarkan nomor induk kependudukan (NIK) yang sesuai dengan catatan sipil dan kependudukan (Capilduk).

“Yang tidak lolos ini kebanyakan NIK-nya tidak sesuai,” ucapnya.

Setiap tempat ibadah maksimal tiga orang yang mendapatkan insentif. “Jumlah penerima ini setiap tahunnya bisa bertambah,” katanya.

Pemberian insentif ini sebagai bentuk perhatian Pemkab Bojonegoro kepada penjaga kebersihan tempat ibadah. Karena selama ini mereka membersihkan dan menjaga tempat ibadah untuk memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang akan melakukan ibadah.

Ditambahkan, intensif langsung ditransfer ke rekening masing-masing marbot penerima.

“Sempat ada beberapa fotocopy rekening yang tidak jelas sehingga kita harus disesuakan lagi. Tapi sekarang semua sudah klir, dan kita transfer,” pungkasnya.(Dwi)

Leave a Comment