Share

21 Desa di Bojonegoro Sudah Salurkan BLT Dana Desa

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 1.066 Kepala Keluarga (KK) miskin terdampak virus corona atau Covid-19 di 21 desa di 6 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, telah menerima bantuan tunai langsung (BLT) Dana Desa tahap I, Rabu (6/5/2020). Setiap KK memperoleh Rp600 ribu yang diterimakan selama tiga bulan.

Seribuan keluarga miskin yang menerima BLT DD itu tersebar di Kecamatan Bubulan, Dander, Kapas, Kalitidu, Temayang dan Sekar. Total anggaran yang sudah digelontorkan hingga hari ini sebesar Rp639.6000.

Jumlah penerima BLT DD dan anggaran yang digelontorkan ini akan terus bertambah, karena belum semua desa menyalurkannya. Sebab Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro memberikan deadline agar bantuan tersebut disalurkan maksimal hingg Jumat (8/5/2020).

“Kami harapkan pemerintah desa dan kecamatan segera merampungkan berkas agar BLT DD Tahap I ini bisa dinikmati penerima manfaat,” pesan Kepala DPMD Bojonegoro, Mahmuddin.

Koordinator Pendamping Kabupaten Bojonegoro, Didik Wahyudi menambahkan, bagi desa yang DD tahap I telah habis agar merealisasikan tahap 1 sebesar 30% dan mengupload ke Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) yang dibantu oleh pendamping desa.

sing wis ngendum duwit BLT DD onok selikur desa. Roto-roto desa sing ngendum kui nganggo DD sing tahap siji. Kanggo desa sing DD ne tahap siji wis entek supoyo ngrealisasekno tahap siji telung puluh persen karo upload OMSPAN sing diewangi poro Pendamping Desa.

“Semakin cepat diunggah di OMPSPAN, akan semakin cepat pencairannya,” pesan didik.

Salah satu Tenaga Ahli Kemendes PDTT Kabupaten Bojonegoro, Edy Prayitno menjelaskan setelah Validasi dan Penetapan ditingkat desa dan dilakukan verifikasi di tingkat kecamatan BLT DD sudah bisa dicairkan oleh masing-masing desa kepada warga penerima melalui Virtual Account yang bekerjasama dengan Bank Jatim.(Dwi)

Leave a Comment