Share

21 Tahanan Polres Gunkan Hak Pilihnya di TPS Lapas Bojonegoro

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 21 tahanan Polres Bojonegoro yang sedang menjalani masa penahanan oleh Sat Reskrim menyalurkan hak pilihnya di Lapas Kelas II Bojonegoro pada hari Rabu (17/04/2019) tadi pagi.

Ke-21 orang tahanan Polres Bojonegoro melakukan pencoblosan di Lapas Kepas II Bojonegoro dengan diantarkan menggunakan bus dinas Polres Bojonegoro dengan dikawal oleh anggota Sat Sabhara dan anggota Sat Tahti yang dipimpin oleh Kasat Tahti Polres Bojonegoro Iptu Watipah dengan pengwalan yang ketat dan bersenjata.

Kasat Tahti menjelaskan 21 tahanan yang memiliki hak pilih tersebut pada sebelumnya telah diuruskan oleh Polres kepindahan memilihnya melalui KPU Kabupaten Bojonegoro.

“Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan KPU untuk memindahkan TPS para tahanan Polres dari TPS domisili para tahanan,” ucap Kasat Tahti.

Sekalipun 21 orang tersebut berstatus sebagai tahanan karena telah melakukan tindak pidana, namun mereka tetap memiliki hak pilih sebagai warga negara Indonesia lainnya.

“Kami ingin melindungi hak pilih para tahanan, dengan memberikan kesempatan untuk melakukan pencoblosan,” tegasnya.

Ke-21 tahanan tersebut saat ini masih menjalani masa penahanan sebelum dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri untuk menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Bojonegoro karena masih dalam proses pemberkasan kasusnya oleh Penyidik Sat Raskrim Polres Bojonegoro.

“Seluruh tahanan ini masih menjalani proses penyidikan oleh Penyidik,” imbuh Kasat Tahti.

Usai menjalani proses pemungutan suara di TPS Lapas Kelas II Bojonegoro, para tahanan Polres Bojonegoro kembali ke rumah tahanan (Rutan) Polres Bojonegoro. (Rin/Dwi)

Leave a Comment