Share

222 Mahasiswa Bojonegoro Peroleh Bantuan Pendidikan

< p>Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 222 mahasiswa dari keluarga tidak mampu di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memperoleh bantuan biaya pendidikan sebesar Rp2 juta/mahasiswa, untuk menyelesaikan kuliahnya di perguruan tinggi baik lokal maupun luar daerah, sejak Januari-Agustus.

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Kesra Pemkab Bojonegoro Muh Fadloli, Kamis, mengatakan, sebanyak 222 mahasiswa yang memperoleh bantuan biaya pendidikan masing-masing Rp2 juta tersebut berasal dari Unsuri, IKIP PGRI, STIT Attanwir, juga Universitas Bojonegoro, juga perguruan tinggi luar daerah, dengan persyaratan dari keluarga tidak mampu dan memiliki IP 3.

“Biaya bantuan pendidikan Rp2 juta ini hanya sekali diberikan terutama kepada mahasiswa tingkat akhir yang kesulitan biaya. Untuk lokasi pendidikan di seluruh Tanah Air, termasuk mahasiswa yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi di Bojonegoro,” jelas dia.

Ia menjelaskan pemkab mengalokasikan bantuan biaya pendidikan di dalam APBD 2015 sebesar Rp870 juta. Dengan biaya itu, bisa dimanfaatkan untuk memberikan bantuan kepada 370 mahasiswa baik yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi lokal maupun luar daerah.

Saat ini, lanjut dia, sudah ada 422 mahasiswa yang mengajukan bantuan pendidikan sejak Januari-Agustus, di antaranya masih ada sekitar 200 mahasiswa yang sudah memasukkan permohonan memperoleh bantuan biaya pendidikan, tapi belum diproses karena masih menunggu jadwal.

Ia juga menyebutkan akan menambah alokasi biaya pendidikan di dalam APBD Perubahan 2015 sebesar Rp1 miliar lebih, karena mahasiswa yang mengajukan permohonan memperoleh biaya bantuan pendidikan masih terus ada.

:”Permohonan yang masuk rata-rata sekitar lima mahasiswa per hari. Banyak mahasiswa yang langsung datang ke tempat kami untuk menanyakan persyaratan bisa memperoleh biaya bantuan pendidikan,” tandasnya. (sa/mcb)

Leave a Comment