Share

23.267 KK di Bojonegoro Terima BLT DD Tahap I

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 23.267 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Bojonegoro, telah menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLTD tahap I.

Ribuan KK tersebut tersebar di 419 desa di 28 kecamatan di Bojonegoro. Setiap KK mendapat bantuan tunai sebesar Rp600.000 yang diterimakan selama tiga bulan atau sampai Juni 2020. Totalnya sebesar Rp1.800.000/KK.

“BLT DD sebesar Rp59,4 miliar sudah kita salurkan sesuai target yaitu sebelum lebaran,” ujar Bupati Bojonegoro Anna Muawanah usai Video Conference (Vidcon) bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Balai Desa Sumberagung, Kecamatan Kepohbaru, Senin (18/5/2020) kemarin.

Menurut bupati, bisa jadi penerima bantuan BLT DD untuk bulan selanjutnya sama atau bisa juhga berubah sesuai musyawarah desa (musdes). Perubahan penerima itu bisa terjadi karena ada warganya yang berhak mendapatkan bantuan tapi belum terdata.

“Bisa saja itu terjadi,” tegasnya.

Bu Anna, panggilan akrab Bupati Bojonegoro berpesan agar uang BLT DD yang diterima warga untuk dibelikan kebutuhan sehari-hari atau modal berdagang. Karena bantuan sosial tersebut dikucurkan untuk membantu ekonomi warga miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

“Jangan untuk kebutuhan konsmtif seperti beli baju lebaran,” pesannya.

Terpisah, Gubernur Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan, jika Presden Joko Widodo secara bertahap melakukan monitoring bantuan sosial (bansos) dari BLT DD. Harapannya, bantuan tersebut bisa tuntas sebelum Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah.

“Termasuk Bantuan Sosial Tunai atau BST dari Kemensos,” sambungnya.(Dwi)

Leave a Comment