Share

250 Pelajar Bojonegoro Ramaikan Tari Thengul Massal

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar tari thengul massal yang diikuti oleh 250 penari di Stadion Letjen H.Soedirman, Sabtu (26/12).

“Pesertanya berasal dari pelajar di seluruh Kabupaten Bojonegoro,” kata Kepala Bidang Bina Usaha Kesenian dan Budaya Disbudpar Bojonegoro Imam Wahyu.

menggelar festival makanan khas daerah setempat yang diikuti 17 peserta dari restoran, rumah makan juga katering, sebagai usaha mendorong terciptanya Pasar Sabtu dan Minggu (Pasar Tugu).

Kepala Bidang Bina Usaha Kesenian dan Budaya Disbudpar Bojonegoro Imam Wahyu, di Bojonegoro mengatakan, festival makanan khas daerah itu merupakan gagasan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ny. Mahfudhoh Suyoto.

Tujuannya, menurut dia, untuk mendorong terciptanya Pasar Tugu, sekaligus mengembangkan wisata kuliner, dengan mengambil lokasi di depan halaman Stadion Letjen H. Soedirman.

“Pasar Tugu akan digelar rutin. Ya, agar pedagang kaki lima di seputaran alun-alun bersedia pindah ke lokasi ini,” katanya, menegaskan.

Dia mengatakan, selain tari kolosal ini juga terdapat festival makanan berupa makanan khas Bojonegoro, antara lain, “wader kali”, nasi dengan bungkus daun jati, juga sirup buah jambu merah.

“Semua yang disajikan dalam festival makanan ini semuanya makanan khas daerah kami yang bahannya diperoleh dari lokal,” tambahnya.

Pihaknya optimistis digelarkan Pasar Tugu, akan mampu menarik minat wisatawan domestik (wisdom) lokal, juga luar daerah.

Pengembangan wisata kuliner dilakukan bersamaan dengan pengembangan sejumlah obyek wisata yang sekarang pembangunannya sudah selesai, mulai Waduk Pacal, Wisata Air Dander di Kecamatan Dander dan Kahyangan Api di Kecamatan Ngasem.(dwi/*mcb)

Leave a Comment