Share

27 Agustus Tim Nasional Nilai Perpusdes Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Penilaian lomba perpustakaan desa (Perpusdes) tingkat nasional dipastikan dilaksanakan pada 27 Agustus 2015. Tim penilai akan melakukan penilaian Perpusdes Tunas Asa Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, sebagai wakil Jawa Timur, yang masuk liba besar nasional.

Hal itu terungkap dalam rapat yang dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bojonegoro, Soehadi Moeljono. Dalam rapat itu, Sekkab meminta kepada Perpusda untuk mempersiapkan dengan matang kriteria penilaian agar Perpusdes Bojonegoro dapat meraih hasil yang maksimal.

“Lebih-lebih bisa menjadi juara,” kata Soehadi Moeljono saat memimpin rapat, Senin (10/8).

Soehadi juga meminta kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk membantu mendukung penilaian lomba.

“Dinas Kominfo saya minta untuk menyiapkan spanduk selamat datang dan menyiapkan LCD,” pesan Soehadi.

Sementara itu, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah, Slamet Taufik menyatakan, telah melakukan sejumlah persiapan mulai dari administrasi, penambahan buku bacaan, entry data menggunakan tehknologi informatika (IT), pemasangan wifi.

Selain itu, lanjut Taufik, juga menggandeng sejumlah komunitas yang di desa setempat. Seperti kelompok perajian akar jati, ternak kambing etawa, perajin anyaman bambu, kelompok suku samin.

“Keberadaan perpustakaan ini sangat membantu kelompok masyarakat di sini. Mereka dapat menambah wawasan dari adanya buku-buku yang disediakan,” sambung Taufik.

Lima perpusdes di Indonesia yang masuk penilaian nasional adalah Perpudes provinsi Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Kepulauan Sribu Belitung, Riau, dan Provinsi Jatim yang diwakili Bojonegoro.(dwi/*mcb)

Leave a Comment