Share

3 Ton Belimbing Diarak di Festival Belimbing Ngringinrejo

Bojonegoro, 14/11 (Media Center) – Festival Belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro kembali digelar, Minggu (13/11). Pada festival kali ini, para petani mengumpulkan hingga 3 ton belimbing hasil kebunnya untuk dijadikan gunungan setinggi 2 meter dan diperebutkan oleh warga serta wisatawan dari dalam dan luar Bojonegoro yang hadir.

“Senang sekali bisa dapat belimbing gratis. Tadi dapat sepuluh. Nanti mau saya rujak,” kata Wartini, salah satu pengunjung asal Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, usai ikut berebut belimbing.

Sebelum pesta rebutan, gunungan belimbing diarak mulai dari balai Desa Ngringinrejo keliling kampung oleh petani belimbing dan perangkat desa yang menggunakan pakaian adat Jawa. Gunungan ini diarak menuju kebun belimbing yang terletak tak jauh dari sungai Bengawan Solo.

“Selain sebagai wujud rasa syukur, ini juga untuk promosi bawah setiap tahun di sini ada event seperti ini,” sambung Kepala Dusun Mejayen, Desa Ngringinrejo, Suwoto.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan kontes belimbing yang diikuti 12 peserta dari Desa Ngringinrejo dan Mojo, dan lomba kebersihan kebun. Penilaian untuk kontes belimbing terbagi dalam beberapa aspek yakni berat atau ukuran belimbing, cita rasa buah, warna, bentuk serta penampilan buah.

Terpilih sebagai Juara I dengan belimbing paling berat 636 gram adalah Juwanto. Dia memperoleh hadiah uang tunai Rp300.000 dan trophy. Juara II Parlan mendapat Rp200.000, dan juara III Priyo, memperoleh Rp100.000 dan trophy.

Sedangkan untuk pemenang lomba kebersihan kebun, juara I kebun Satin, juara II Aji dan kebun Saim juara III

“Lomba ini bertujuan mendorong petani memiliki kemampuan untuk merawat kebunnya lebih baik lagi sehingga produksi meningkat,” sambung Dewan Juri Kontes Belimbing, Hari Sulistiyadi.

Di Agrowisata ini terdapat 10.300 pohon belimbing yang tumbuh di areal lahan seluas 22,4 hektar. Setiap pohonnya bisa menghasilkan 1 kwintal – 2 kwintal per tahunnya. Harga setiap belimbing bervariatif antara Rp7 ribu sampai Rp12 ribu per kilogramnya.

“Ini salah satu agrowisata andalan Bojonegoro. Agrowisata ini telah mampu meningkatkan perekonomian petani di sini,” ucap Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono usai membuka festival Belimbing.(dwi/mcb)

Leave a Comment