Share

30 Petani Hadiri Pelatihan ‘Cybex’

Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 30 petani di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Selasa, memperoleh pelatihan “Cyber Extension” (cybex) yang digelar Dinas Pertanian bekerja dengan Kominfo di daerah setempat.

“Para petani ini memperoleh pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi informasi (TI) terkait dengan berbagai masalah pertanian,” kata nara sumber IT DInas Kominfo Bojonegoro Djoko Suharmanto, kepada para peserta pelatihan.

Ia menjelaskan pemahaman tentang IT bagi petani sangat penting, sebab pemkab bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kerja sebagai usaha meningkatkan produksi pangan dalam era industriliasi migas.

Ia mencontohkan para petani harus memahami IT, sehingga ketika terjadi permasalahan mengenai pertanian bisa langsung melakukan konsultasi dengan para ahli di IPB.”Misalnya tanaman padi petani nanti ada yang terserang ulat maka bisa langsung difoto dan ditanyakan kepada para di IPB. Hasilnya penanganan untuk pembasmian ulat bisa langsung ditunggu hanya dalam waktu singkat,” katanya, menegaskan.

Jawaban tersebut, katanya, bisa dilihat di jaringan internet yang ada dan bisa dibaca oleh seluruh petani dan masyarakat di Indonesia.

Menurut dia, pelatihan yang dipandu oleh Moch. Rifai, tenaga ahli di bidan IT di Media Center Bojonegoro dan para Relawan TIK Bojonegoro akan memberikan latihan tentang membuat email, sampai membuat blog, termasuk pemanfaatan jejaring sosial.

Menjawab pertanyaan, ia menjelaskan para petani yang memperoleh pelatihan tahap awal bisa meneruskan kepada para petani lainnya di daerahnya, sehingga ke depan seluruh petani di Bojonegoro akan menguasai IT. Hingga berita ini diturunkan, pelatihan untuk petani tersebut masih berlangsung. (samcb)

 

Leave a Comment