Share

300 Warga Mojodelik Manfaatkan Posyandu Lansia

Bojonegoro, 9/10 (Media Center) – Operator minyak dan gas bumi Lapangan Banyu Urip Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) memberikan asupan gizi tambahan dan pemeriksaan serta penyuluhan kesehatan kepada 300 warga lanjut usia (lansia) di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Kegiatan di enam dusun itu dilakukan secara berurutan.

“Kita laksanakan program ini bergiliran di setiap dusun,” ujar Bidan Desa setempat, Lisa Wahyu Febrianti, Jumat (9/12).

Hari ini, tutur Lisa, kegiatan pertama dibuka dan dilaksanakan di Dusun Gledekan. Di setiap dusun, lanjut dia, rata-rata warga lansia mencapai 50 orang.

“Pada umumnya mereka tidak pernah memeriksakan kondisi kesehatannya selama tidak merasa sakit. Padahal itu penting,” ungkapnya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Gayam, dr. Arman mengimbau warga agar memperhatikan gejala-gejala fisik yang harus diwaspadai. Menurut dia, untuk menjadi lansia yang sehat, harus diawali  dengan pikiran yang sehat. Selain itu, lansia tahu apa yang harus dilakukan ketika merasakan gejala fisik berbahaya.

“Pemerintah sekarang sudah memberi banyak kemudahan dalam penanganan kesehatan warga, sehingga bisa langsung ke Puskesmas jika ada yang harus diperiksakan” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu menyambut baik program ini. Dia mengatakan, lansia di desanya perlu mendapat perhatian khusus. Alasannya, jarang sekali warga dia yang perhatian terhadap kesehatan dirinya.

“Ya ingat pentingnya jaga kesehatan kalau sudah terasa sakit,” katanya.

Perwakilan EMCL, Feni Kurnia Indiharti menyampaikan apresiasi kepada warga Desa Mojodelik yang telah mendukung kesuksesan proyek negara di Lapangan Banyu Urip. Dukungan EMCL terhadap program kesehatan ini, kata dia, merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap warga.

“Dukungan kita selain di bidang kesehatan, yang salah satunya kegiatan hari ini, juga dukungan di bidang pendidikan dan pengembangan ekonomi masyarakat,” katanya.(mcb)

Leave a Comment