Share

38 Peserta Upacara Sumpah Pemuda Bojonegoro Pingsan

Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 38 peserta upacara sumpah pemuda di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (28/10), pingsan, namun hanya menjalani perawatan dari petugas PMI setempat tanpa harus dibawa ke rumah sakit (RS).

Sekretaris PMI Kabupaten Bojonegoro Sukoha Widodo, di sela-sela pelaksanaan upacara sumpah pemuda, menjelaskan sebanyak 38 peserta upacara sumpah pemuda yang pingsan langsung memperoleh perawatan petugas PMI.

“Tidak ada yang harus dilarikan ke rumah sakit,” tegasnya.

Dari 38 peserta upacara yang pingsan, katanya, dua peserta di antaranya, harus memperoleh bantuan oksigen, karena kesulitan bernapas.

Peserta upacara yang pingsan itu memperoleh perawatan di tenda PMI, yang lokasinya berada di tepi alun-alun dan tempatnya teduh.

“Penyebab peserta upacara pingsan, kemungkinan kelelahan atau tidak mampu menahan panasnya udara di alun-alun,” jelas dia.

Di lain pihak, katanya, ada juga peserta yang berangkat upacara belum makan, sehingga kelelahan dan memiliki riwayat penyakit sesak napas.

Selain itu, lanjut dia, juga ada sekitar 60 peserta upacara yang sebagian besar pelajar, terpaksa harus menepi, karena tidak bisa melanjutkan pelaksanaan upacara sumpah pemuda dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro Setyo Hartono.

Menurut dia, peserta upacara yang pingsan, setelah menjalani perawatan dengan cepat langsung siuman dan sudah bisa normal kembali.

Upacara memperingati sumpah pemuda 2015 itu, pelajar, pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI/Polri, dan anggota pramuka. (*/mcb)

Leave a Comment