Share

40 Perahu Siap Meriahkan Festival Bengawan Bojonegoro

Bojonegoro, 20/9 (Media Center) – Dalam rangka peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) yang ke-339, Pemkab Bojonegoro kembali menggelar festival bengawan. Festival yang akan digelar di Bengawan Solo ini akan dihelat pada Sabtu dan Minggu, 24-25 September 2016.

Salah satu yang menjadi favorit warga dalam perhelatan ini adalah parade perahu hias yang akan menyisir Bengawan Solo mulai dari Bendung Gerak di Desa Padang, Kecamatan Trucuk hingga Taman Bengawan Solo (TBS) di Kecamatan Bojonegoro Kota.

“Sudah ada 40 perahu yang tercatat untuk mengikuti parade perahu hias pada festival bengawan tahun ini,” ungkap Budiyanto, Kepala Bidang Pengembangan Usaha dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Senin (19/9).

Dijelaskan perahu peserta festival bengawan berasal dari 17 desa di sepanjang Bengawan Solo. Dalam kegiatan, ini lanjut Budiyanto, Disbudpar akan memberikan subsidi Rp2,5 juta untuk setiap perahu.

“Subsidi itu bisa untuk membayar tenaga kerja atau menghias perahu. Dan kalau masih kurang bagus peserta dapat mencari sponsor dari pihak lain,” ujarnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan festival bengawan juga akan dilakukan prosesi larung sesaji di Sungai Bengawan Solo. Festival bengawan ketiga ini diharapkan lebih semarak dan menjadi daya tarik para wisatawan baik lokal maupun luar Bojonegoro. (Git/mcb)

Leave a Comment