Share

40 Petugas Siap Amankan Perlintasan KA Saat Lebaran

Bojonegoro, 21/6 (Media Center)  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro bersama tim terpadu angkutan lebaran 2017 telah menyiapkan sejumlah persiapan. Diantaranya adalah menyiagakan sebanyak 40 petugas untuk menjaga perlintasan kereta api di Bojonegoro.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro, Iskandar telah menyipkan pos pelayanan angkutan lebaran Pos Pantau A. Yani dengan 4 personil per shiftnya. Kemudian pos pelayanan terpadu angkutan lebaran di Simpang Tiga (SMPN 1 Baureno) dengan 2 personil Dishub per shiftnya, di depan Stasiun KA Bojonegoro ditempatkan 2 personil Dishub per shift, rest area UPT PKB Bojonegoro dengan 10 personil Dishub per shift
 
“Kita juga menyiapkan 40 petugas di perlintasan sebidang di lokasi palang pintu perlintasan. Mereka akan bertugas sehari tiga shift,” tegas Iskandar.
 
Puluhan personil itu akan disebar di lokasi palang pintu mulai wilayah Baureno hingga wilayah Kecamatan Gayam. Yakni Desa Sraturejo Kecamatan Baureno, Desa Prayungan dan Desa Talun Kecamatan Sumberrejo, Jalan Panglima Polim Kecamatan Bojonegoro, Desa Pungpungan dan Leran Kecamatan Kalitidu, dan Desa Beged Kecamatan Gayam.
 
Sekretaris Daerah Bojonegoro, Soehadi Moeljono telah menginstruksikan kepada Dinas Perhubungan untuk melakukan sejumlah persiapan. Yakni menyiapkan  pos pelayanan di Pos Pantau Terminal Jl. Ahmad Yani, mendirikan Rest Area Terpadu di Kantor UPT PKB serta mendukung Posko Pelayanan Angkutan Lebaran Terpadu di Simpang 3 SMP Baureno dan Stasiun Bojonegoro.
 
Selain itu juga melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Bojonegoro dalam melakukan pengaturan lalu lintas, melaksanakan manajemen dan rekayasa lalu lintas di jalan untuk jalur angkutan lebaran, melakukan sosialisasi angkutan lebaran tahun 2017 kepada masyarakat melalui sejumlah sarana dan petugas di lapangan, membantu dan memantau pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun 2017 dengan alat komunikasi dan berkoordinasi antar instansi terkait.
 
Tak hanya itu, Sekda juga telah memerintahkan kepada Dishub untuk membantu dan memantau pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2017 mulai dari membantu pelaksanaan ramp check, mengontrol jadwal keberangkatan angkutan umum, pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan (SIM sesuai dengan peruntukannya, STNK dan buku uji) dan kelaikan jalan angkutan umum yang akan berangkat dari terminal, memantau tarif angkutan umum, menghitung jumlah penumpang yang masuk (turun) dan keluar (berangkat) dari terminal, penyediaan angkutan lebaran mulai dari bus, kereta, Kapal Laut, Truck gratis untuk arus mudik dan balik.
 
“Semua harus dipersiapkan dengan matang dan dikoordinasikan dengan pihak terkait agar masyarakat dapat melakukan mudik dan balik lebaran dengan nyaman,” pesan Soehadi Moeljono.
 
Tim Koordinasi angkutan lebaran ini juga akan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukinan dan Cipta Karya Bojonegoro untuk menyediakan alat pemotongan kayu apabila terjadi pohon tumbang di jalan, pemangkasan ranting pohon yang menutupi perlengkapan jalan termasuk papan imbauan kepada pengguna jalan, kesiapan operasi Armada Mobil MCK portable dan petugas selama masa Angkutan Lebaran Tahun 2017.
 
Selain itu juga bertugas menjaga kebersihan di fasilitas umum dan menyiapkan tenda ukuran 4×4 meter sebanyak 4 unit di Rest Area sebanyak 12 titik.(dwi/mcb)
 

Leave a Comment