Share

419 Desa Bojonegoro Ajukan Pencairan Dana Desa

Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 419 desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sudah mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap ketiga sebesar 20 persen dari alokasi dana desa sebesar Rp116,5 miliar dari APBN 2015.

Kepala Pemerintahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Supi Haryono, Sabtu (5/12), mengatakan, sebanyak 419 desa di daerahnya itu sudah melengkapi berbagai persyaratan dalam pengajuan pencairan dana desa tahap ketiga, sejak Oktober lalu.

Hanya saja, lanjut dia, pemkab belum bisa mencairkan dana desa tahap ketiga, karena belum ada trasfer dana desa tahap ketiga dari Pemerintah.

“Kami masih menunggu Pemerintah mentranfer dana desa tahap ketiga ke daerah,” ucapnya, menegaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan pemkab sudah melaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan terkait dana desa sebesar 80 persen, untuk tahap pertama dan kedua, yang sudah disalurkan kepada 419 desa, Oktober lalu.

“Sesuai ketentuan desa bisa mengajukan pencairan dana desa tahap ketiga Oktober,” tandasnya.

Sekarang ini, jelas dia, sumber penghasilan desa, selain dana desa yaitu alokasi dana desa (ADD), bagi hasil pajak (BHP) dan bagi hasil retribusi (BHR), yang bersumber dari APBD tk II.

“Besarnya ADD, BHP dan BHR, di daerah kami, pada 2015, mencapai Rp213 miliar,” jelas dia.

Menurut dia, pola penyaluran keuangan desa, di atur di dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 1 tahun 2015 tentang Penyaluran Besaran ADD,DD, Bagi Hasil Pajak dan Bagi Hasil Retribusi.

Perbup itu, diperkuat dengan Perbup No. 2 tahun 2015, yang mengatur pedoman umum dan petunjuk teknis penyaluran keuangan desa.

Sesuai ketentuan penyaluran keuangan desa untuk ADD tahap pertama sebesar 25 persen, pada Februari. Tahap kedua April untuk DD 40 persen dan bagi hasil pajak dan bagi hasil retribusi masing-masing 25 persen.

Penyaluran tahap ketiga Agustus untuk ADD 50 persen, DD 40 persen, bagi hasil pajak dan bagi hasil retribusi masing-masing 25 persen.

Sedangkan tahap keempat November untuk ADD 25 persen, DD 20 persen, bagi hasil pajak bagi hasil retribusi masing-masing 50 persen. (*/mcb)

Leave a Comment