Share

42 Perusahaan yang Berpartisipasi di Job Fair Janjikan Kesejahteraan Karyawan

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 42 perusahaan mengikuti Job Fair di SMKN 2 Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Perusahaan-perusahaan tersebut mengaku berkomitmen memberikan gaji Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan BPJS Ketenagakerjaan bagi para karyawan.

“Mereka sudah memberikan komitmennya kepada Pemkab Bojonegoro untuk menjamin kesejahteraan pekerja,” kata Kabid Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro, Joko Santoso, Kamis (11/4/2019).

Menurut Joko dari lowongan 12.500 tenaga kerja diperkirakan hanya 1.500 saja yang berpeluang diterima. Alasannya, skill yang dibutuhkan belum sesuai dengan sumber daya manusia (SDM) yang rata-rata hanya lulusan SMA.

“Kebanyakan yang dibutuhkan adalah tenaga operasional produksi,” lanjutnya.

Meski demikian, keberadaan Job Fair diharapkan bisa menekan angka pengangguran yang setiap tahunnya cenderung naik. Tahun ini, jumlah pengangguran di Kabupaten Bojonegoro mencapai 23.000.

“Setiap tahun, penyumbang terbesar pengangguran dari lulusan SMA. Termasuk SMK sebanyak 6.000 an sekali lulus,” tandasnya.

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan, PT Tirta Ayu Spa, menegaskan, semua karyawan yang bekerja di Tirta Ayu Spa rata-rata di gaji UMK sebesar Rp1.800.000. Hanya saja, tergantung dengan prestasi kinerja.

“Bisa jadi, jika prestasi pekerja tidak bagus gajinya bisa dibawah itu, kalau baik malah  lebih karena ada bonus dan insentif,” tukas HRD Manager Tirta Ayu Spa, Reni.

Untuk diketahui, Job Fair dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis (10-11/4/2019) oleh Disperinaker di SMKN 2 Bojonegoro. (Rin/NN)

Leave a Comment