Share

50 Desa Bojonegoro Endemik DB Galakkan PSN

Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 50 Kepala Desa (Kades) di wilayah endemis Demam Berdarah (DB) di Kabupaten Bojonegoro tengah menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Untuk menyukseskan gerakan PSN ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro mengundang para kepala desa untuk pengarahan gerakan PSN di wilayahnya.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Lingkungan Dinkes Bojonegoro, Ahmad Hernowo mengungkapkan, selain menggerakkan PSN, para kades juga diminta membentuk kelompok PSN di desa masing-masing.

“Selain itu juga menggerakkan jumat bersih serta pemantauan jentik nyamuk DB secara berkala,” imbuh Hernowo, Sabtu (12/3).

Selain Kades, petugas puskesmas di beberapa wilayah endemis DB juga menerima pengarahan. Mereka diminta memantau perkembangan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti itu secara berkala.

Harnowo menambahkan, perkembangan kasus DBD di wilayahnya pada bulan Maret 2016 ini mulai menurun. Meski demikian, pihaknya tetap meminta seluruh masyarakat agar tetap waspada.

Ia menyebutkan, selama dua bulan terakhir, tepatnya bulan Januari – Februari sebanyak tujuh orang meninggal dunia akibat penyakit DB. Jumlah itu terdiri dari lima anak-anak dan dua orang dewasa.

“Rinciannya, pada bulan Januari terdapat 123 kasus DB dan bulan Februari 70 kasus. Sedangkan pada bulan Maret ini belum kita rekap, tetapi trennya menurun,” pungkasnya.(ky/mcb)

Leave a Comment