Share

500 Peserta Ikuti Senam Massal Perwosi di Kecamatan Gayam

Bojonegoro – Sebanyak 500 lebih perempuan dari dua belas desa di wilayah Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, mengikuti Senam Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) bersama dalam rangka mendukung Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC) di Lapangan Pemuda Sakti, Desa Ngraho, Jumat (24/3/2017). Senam massal ini dipimpin langsung oleh Ketua Perwosi Bojonegoro, Siti Aminarti Setyo Hartono.

Kesepuluh desa itu adalah Desa Gayam, Mojodelik, Brabowan, Bonorejo, Beged, Cengungklung, Ringintunggal, Begadon, Manukan, Katur, dan Sudu.

Dari pantauan, ratusan wanita  bersegaram orange hitam itu terlihat kompak mengikuti gerakan yang dipandu Siti Aminarti Hartono. Meski keringat mereka bercucuran membasahi seragam mereka, namun para peserta tetap semangat mengikuti senam hingga selesai.

Siti Aminarti Setyo Hartono berharap Senam Perwosi harus dikembangkan di tingkat kecamatan hingga desa. Baik melalui lomba maupun senam massal seperti yang dilaksanakan hari ini di Kecamatan Gayam.

“Senam Perwosi Bojonegoro sudah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atau MURI. Jadi  harus kita jaga dan kembangkan bersama,” pesan istri Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono itu.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Camat Gayam, Hartono, mengatakan, animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Hal ini dibuktikan setiap desa mengirimkan 30 peserta hingga 40 peserta dari perwakilan pemerintah desa, PKK, karang taruna dan lembaga lainnya yang ada di desa.

“Selain dalam rangka mewujudkan Gerakan Desa Sehat dan Cerdas, kegiatan ini juga untuk memupuk kebersamaan antara desa guna mendukung pembangunan di wilayah Gayam,”sambung Hartono.

Rencananya, senam massal Perwosi ini akan dilaksanakan secara bergiliran di masing-masing desa di wilayah Gayam. Tujuannya agar pemerintah desa dan masyarakat lebih giat dalam menata lingkungan di desannya.

“Seperti di Ngraho ini, sebelum kegiatan dilaksanakan hari ini, pemerintah desa dan warga kerja bakti menyiapkan tempat maupun membersihkan lingkungannya. Karena desanya akan dihadiri peserta dari desa-desa lain,” pungkas Hartono.

Kepala Desa Ngraho, Samad mengaku senang desanya menjadi tuan rumah senam massal Perwosi se Kecamatan Gayam.

“Dengan kehadiran Ketua Perwosi yang juga istri bapak Wakil Bupati, teman-teman kepala desa, dan Ibu-ibu dari desa di wilayah Gayam di sini bisa menjadi motivasi kami untuk lebih memajukan desa,” pungkas Samad.(dwi/mcb)

Leave a Comment