Share

705 Petani Bojonegoro Ikut Asuransi Padi

Bojonegoro, 128 (Media Center) – Sebanyak 705 petani di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengikuti asuransi usaha tanam padi (AUTP) yang menjadi program Kementerian Pertanian dengan luas tanaman padi 1.039,01 hektare pada musim tanam tahun ini.

Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro Akhmad Djupari, di Bojonegoro, Jumat, menjelaskan, sebanyak 705 petani yang masuk program AUTP itu ada yang peserta AUTP sekarang ini, tapi ada juga program AUTP yang lalu masih tahun ini.

“Program AUTP ini iurannya Rp36 ribu per hektare selama satu musim tanam,” jelas dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan program AUTP ini merupakan program perlindungan kepada petani yang menanam padi dari kegagalan panen tanaman padi, disebabkan bencana banjir, kekeringan juga bencana yang lainnya.

Petani yang mengalami gagal panen dengan besaran 75 persen bisa memperoleh klaim asuransi dari PT Jasindo di Surabaya sebesar Rp6 juta.

“Syaratnya kegagalan panen mencapai 75 persen,” katanya, menegaskan.

Ia menambahkan daerahnya memperoleh target petani yang masuk program AUTP selama tahun ini dengan tanaman padi seluas 13.000 hektare.

Meski petani yang mendaftar masih sedikit, ia optimistis bisa memasukkan petani di daerahnya dalam program AUTP, sebab masih ada petani yang akan menanam tanaman padi selama Agustus-September.

“Petugas penyuluh lapangan (PPL) sekarang gencar menyosialisasikan kepada petani di lapangan agar ikut program AUTP,” katanya menegaskan. (*/mcb)

Leave a Comment