Share

Seminar Internet Sehat Dorong Masyarakat Lebih Berkembang

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro Suyoto membuka seminar cerdas, kreatif, dan produktif internet sehat yang diselenggarakan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Bojonegoro di Pendapa Malwopati, Minggu (14/2). Acara ini didukung ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Dinas Pendidikan, dan Diskominfo.

Bupati menyampaikan, pentingnya pemanfaatan internet secara sehat untuk mendorong masyarakat bisa lebih maju dan berkembang. Bupati mencontohkan, pengalamannya menggunakan internet sehat pada saat trend penggunaan smartphone, dia memanfaatkannya untuk menambah keterampilan berbahasa inggris.

“Saya download aplikasi debat bahasa inggris. Bahkan sekarang saya berani jika suatu saat, misal ikut debat calon presiden dalam bahasa inggris,” kenang Suyoto di hadapan peserta seminar.

Juru Bicara dan Humas ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL) Rexy Mawardijaya menyatakan, bahwa kegiatan ini merupakan komitmen dari ExxonMobil dalam bidang pendidikan. “Terutama dalam menyikapi dan memanfaatkan internet secara positif,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, penggunaan internet yang sehat dalam arti digunakan untuk penunjang kegiatan yang positif, kreatif dan produktif, sehingga bisa meningkatkan wawasan dan taraf hidup masyarakat.

‎‎Rexy menambahkan, atas persetujuan SKK Migas program ini bisa terlaksana. Tentunya juga dukungan dari pemerintah dan mitra Blok Cepu, yakni Pertamina EP Cepu (PEPC), dan Badan Kerjasama PI Blok Cepu.

Humas RTIK Bojonegoro Nova Wijaya menjelaskan, seminar ini dikuti oleh ‎380 peserta. ‎Diharapkan dengan kegiatan positif ini dapat memberikan edukasi bagi generasi muda agar lebih berhati-hati dan bijak dalam mengakses layanan internet.

“Sekaligus memberikan solusi dan upaya penanggulangan terhadap maraknya konten negatif yang tersebar di dunia maya,” imbuhnya.

Nova menambahkan, seminar ini menghadirkan nara sumber berkompeten agar hasil dari kegiatan dapat maksimal. Menurutnya, narasumber yang dihadirkan juga sudah memberikan materi yang edukatif.

Yakni, Donny BU dari Direktur Eksekutif lembaga ICT Watch, Sonny BU dan Namin AB, seorang motivator dan pengagas seribu blog untuk guru.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan EMCL, ‎Dinas Kominfo, dan Dinas Pendidikan Bojonegoro sehingga seminar sehat berjalan lancar,” kata dara asal Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro itu.

Selain peserta seminar, kegiatan juga dihadiri oleh komunitas pegiat informasi dan komunikasi seperti Blogger dan RTIK Lamongan, Blogger dan JIM Bojonegoro.(*mcb)

Leave a Comment