Share

965 Petugas Akan Diterjunkan untuk Sensus Penduduk Tahap Dua

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 965 petugas sensus akan diterjunkan Badan Pusat Statistik (BPS) Bojonegoro untuk melakukan sensus penduduk tahap kedua yang dimulai September 2020 ini. Mereka akan mendata masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk online.

“Petugas sensus akan terjun ke masyarakat,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bojonegoro Firman Bastian, Senin (31/08/2020).

Firman, sapaan akrabnya, menjelaskan di setiap kecamatan akan diberikan koordinator. Nantinya, per kecamatan ada dua koordinator petugas sensus. Bahkan, bisa lebih tergantung besar kecilnya wilayah kecamatan.

“Total keseluruhan adan 82 koordinator kecamatan,” ucapnya.

Sebelumnya, sensus penduduk dilakukan secara online mulai Februari hingga Mei. Hingga kini, sudah tercatat 200,479 penduduk dengan capaian presentase di angka 16 persen. Namun, sensus penduduk kedua ini akan didata langsung oleh petugas sensus.

Bagi masyarakat yang belum berpartisipasi, lanjut Firman, masih ada waktu di September dalam tahap sensus penduduk wawancara.

“Petugas sensus akan membawa sejumlah daftar pertanyaan untuk diajukan kepada masyarakat,” terangnya.

Dia mengatakan, sensus penduduk ini akan dilakukan dalam satu bulan dengan melibatkan Ketua RT untuk mempermudah petugas sensus ketika melakukan pendataan. Satu petugas sensus, nantinya membawahi 5 hingga 6 RT.

“Sensus penduduk 2020 ini sangat bermanfaat bagi perencanaan pembangunan untuk kesejakhteraan masyarakat,” ungkap Firman.

Firman menambahkan, petugas sensus juga dilengkapi alat pelindung diri (APD). Untuk menghindari kekhawatiran masyarakat. Karena, masih dalam keadaan pandemi Covid – 19.

“Jadi, masyarakat tinggal menunggu kedatangan petugas sensus di rumah. Lalu, menjawab pertanyaan dengan jujur dan benar,” katanya. (Dwi)

Leave a Comment