Share

Ada 200 Hektar Bawang Merah Siap Panen di Desa Pajeng

Sekitar 200 hektar (ha) lahan bawang merah di Desa Pajeng per hektarnya mampu menghasilkan 10-12 ton bawang merah.

Bojonegoro (Media Center) – Sekitar 200 hektar (ha) lahan bawang merah di Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Bojonegoro, memasuki masa panen pada akhir bulan ini. Dari luas lahan yang ada, per hektarnya mampu menghasilkan 10-12 ton bawang merah.

Kepala Desa Pajeng, Dedy Kristiawan, mengatakan lahan yang digunakan untuk budidaya bawang merah tersebut merupakan lahan persawahan dan hutan. “Setiap hektarnya dibuat rata-rata 10 ton sudah 2000 ton setiap kali panen,” sambung Dedy.

Menurut Dedy, jenis bawang merah yang ditaman pada musim labuhan ini adalah Bauchi dan Thailand. Di Pajeng rata-rata petani menanam bawang merah dua kali dalam setahun. Tanaman ini lebih menguntungkan ketimbang tanaman padi. Selain waktu panennya lebih cepat yakni 55 hari, hasilnya juga berlipat.

Saat ini, harga bawang merah per kilo gramnya, saat ini senilai Rp12 ribu sampai Rp13 ribu. “Untuk satu hektar biaya yang dikeluarkan antara 30 sampai 40 juta. Saat panen, hasilnya bisa mencapai 85 sampai 90 juta,” tutur Dedy. (numcb)

Leave a Comment