Share

Ada Grebek Tumpeng Kemerdekaan di Begadon

Bojonegoro, 24/8 (Media Center) – Karang Taruna (Kartar) Desa Begadon, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar Sarasehan dan Grebek Tumpeng Kemerdekaan yang dilaksanakan di balai desa setempat, Rabu (21/08/2016) malam.

Beragam tumpeng disajikan dengaan hiasan yang menunjukkan nuansa kemerdekaan. Selain itu bermacam lauk-pauk yang menjadi khas desa setempat tetap menjadi menu utama.

“Kami modifikasi dan variasikan dengan berbagai masakan khas desa kami. Ini sebagai bentuk kearifan lokal,” kata media komunikasi Karang Taruna (Kartar) Desa Begadon, A. Shodiqurrosyad.

Di tempat yang sama, Kunyeni, Ketua Kartar Desa Begadon menambahkan, kegiatan ini menjadi agenda utama dalam memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

“Ini sebegi bentuk penghormatan kepada paglawan. Tanpa perjuangan mereka tak mungkin dapat merasakan kemerdekaan dan memahami arti kebebasan sebagai sebuah bangsa dan negara seperti sekarang ini,” tegasnya.

Kepala Desa Begadon, Pardi, mengapresiasi dan mendukung penuh acara ini. Menurut dia, sebagai wadah pemuda di tingkat desa, karang taruna harus beraktualisasi dan mengekspresikan diri dalam hal yang positif.

Acara tersebut dimeriahkan berbagai hiburan, yaitu penampilan rebana grup Qotrun Nada SDN Begdon, tari kreasi Arab Modern, tari klasik daerah dan musik elekton sebagai hiburan utama.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah atas berbagai perlombaan yang telah dilakukan, di antaranya lomba makan kerupuk, lomba pukul air, lomba rias wajah, lomba balap terompah (gapyak), lomba gendong rinjing, lomba tumpeng dan kompetisi Begadon Futsal Cup 2016.

Dalam peringatan HUT RI Ke-71 ini, Desa Begadon sendiri masih memiliki satu agenda lagi, yaitu jalan santai yang akan dilaksanakan pada minggu, 28 Agustus 2016.(dwi/mcb)

Leave a Comment