Share

Ada Hiburan Rakyat di Objek Wisata Bojonegoro saat Liburan Tahun Baru

Bojonegoro, Media Center – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menggelar hiburan di sejumlah objek wisata untuk menyambut tahun baru, 1 Januari 2020.

Ada tiga lokasi wisata andalan yang akan diberi hiburan untuk memanjakan wisatan. Yakni objek wisata Khayangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, dengan hiburan elektune. Wisata Dander Waterpark di Desa/Kecamatan Dander, dengan hiburan reog dan jaranan, serta wisata Waduk Pacal dengan hiburan campursari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Amir Syahid menjelaskan dipilihnya jenis hiburan tersebut karena merupakan kesenian lokal Bojonegoro. Sekaligus mmemberdayakan masyarakat sekitar objek wisata.

“Hiburan yang kita suguhkan ini merupakan kesenian yang digemari masyarakat sekitar objek wisata, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata,” ujar Amir, Selasa (31/12/2019).

Amir berharap melalui suguhan hiburan ini dapat mengkatrol kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata Bojonegoro selama libur natal dan tahun baru.

“Target kami, kunjungan wisatan tahun 2019 ini bisa mencapai 2 juta pengunjung,” tegasnya.

Oleh karena itu, Amir berharap ada keterlibatan masyarakat dalam pembangunan wisata di Bojonegoro.

“Itu menjadi kunci utama sapta pesona,” tandasnya.

Untuk diketahui, objek wisata Kayangan Api. Wisata ini menyuguhkan sumber api abadi yang merupakan fenomena geologi gas alam yang keluar dari dalam tanah. Lokasinya berada di tengah hutan dengan rerindang pemohonan yang memberikan udara sejuk dan segar.

Wisata Danderpark merupakan destinasi kolam renang dan wahana permainan air terlengkap di Bojonegoro. Di lokasi ini memiliki empat wahana permainan air seperti kolam arus, waterboom, seluncur, pancuran air, serta wahana terbaru flying fox di atas air yang patut dicoba.

Kemudian objek wisata Waduk Pacal. Wisata ini bisa menjadi tempat yang pas untuk berlibur. Memiliki nilai sejarah karena bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada 1924, dan diresmikan tahun 1933. Waduk Pacal selain untuk irigasi pertanian, juga memiliki keindahan panorama alam.

Ada sejumlah objek wisata di Bojonegoro yang layak dikunjungi untuk mengisi liburan tahun baru. Di antaranya, wisata Teksas Wonocolo di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan. Lokasi ini merupakan wisata geopark dengan penambangan minyak secara tradisional.

Kemudian Bukit Cinta Atas Angin di Desa Deling, Kecamatan Sekar; Banyu Kuning di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang; Grogoland di Desa Ngunut, Kecamatan Dander; agrowisata Kebun Belimbing di Desa Ringinrejo, Kecamatan Kalitidu.

Ada juga destinasi wisata baru. Diantaranya Taman Pinggir Nggawan (TPG) di Desa Pilanggede, Kecamatan Balen; Waduk Grobokan di Desa Bendo, Kecamatan Kapas; dan masih banyak lagi objek wisata lainnya.(Dwi)

Leave a Comment