Share

Ada Kandang Sapi Bersama di Temayang

134 ekor sapi, saat ini menghuni kandang bersama di Desa Jono Temayang, kandang yang sebagian besar dibangun secara swadaya itu, kini telah mampu menghidupi dirinya sendiri. “Sistemnya adalah saat ada sapi laku, maka secara sukarela pemili sapi memberikan sebagian hasil penjualannya untuk uang kas,” terang Gunawan, Ketua Kelompok Tani Ternak Kedung Gondang Desa Jono Kecamatan Temayang.

Pembangunan kandang bersama itu sendiri telah selesai sejak 2012 lalu, yang awalnya hanya berisi 51 ekor sapi milikk warga. “Sebelum membangun kandang bersama, kami sepakati membentuk kelompok tani ternak terlebih dahulu,” imbuhnya. Lokasi kandang yang berada di lahan milik salah satu anggota kelompok tani ternaknya itu, pernah mendapat bantuan dari Dirjen Pertanian dan Peternakan pusat sebesar Rp. 7,5 juta.

Gunawan mengaku, bahwa kini para anggota kelompok tani ternak di tempatnya merasa lebih terjamin, Terutama soal pemasaran sapi yang sudah dikenal oleh para pembeli. Tidak hanya berupa kandang bersama, kelompok tani ternak Kedung Gondang juga mengembangkan usaha penggemukan sapi, budidaya bebek, kelinci maupun lele, hingga pembuatan pupuk organik. (Mbang/Git Kominfo)

Selengkapnya baca di: http://bojonegorokab.go.id/berita/usaha-penggemukan-sapi-lokal-kelompok-tani-ternak/

Leave a Comment