Share

Ada Pembebasan Tanah, Bila Pembangunan Ring Road Dilaksanakan

Rencananya, ring road itu akan menggunakan jalur jalan jaman kerajaan Rajekwesi yang melewati sejumlah desa di Desa Kedaton, Tanjungharjo, Tapelan, dan Bangilan (Kapas), serta di Desa Ngumpakdalem dan Desa Ngujo (Kalitidu)

Bojonegoro (Media Center) – Rencana pembangunan ring road di jalur selatan kota Bojonegoro Jawa Timur (Jatim), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro berencana membebaskan lahan di tiga kecamatan. Lahan yang akan dibebaskan selebar satu meter dengan panjang 19 Kilometer (Km) tersebut meliputi wilayah Kecamatan Kapas hingga Kalitidu.

Rencananya, ring road itu akan menggunakan jalur jalan jaman kerajaan Rajekwesi yang melewati sejumlah desa di Desa Kedaton, Tanjungharjo, Tapelan, dan Bangilan (Kapas), serta di Desa Ngumpakdalem dan Desa Ngujo (Kalitidu).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bojoneogoro, Iskandar, menyebutkan nantinya ring road tersebut akan dilengkapi dengan sejumlah fly over, diantaranya di Proliman Kapas dan di Desa Ngujo. “Jadi nanti tidak semua mobil masuk wilayah kota tapi melalui ring road untuk mengurai kemacetan,” katanya.

Ditambahkan, bila ring road benar-benar terealisasi, maka akan dilakukan pembebasan lahan sepanjang jalan eks Rajekwesi selebar 1 meter. Karena ring road itu akan dibangun dengan lebar 12 meter, sedangkan saat ini lebar jalan eks Rajekwesi 11 meter.

Saat ini, secara fisik, jalan di kawasan tersebut hanya menyisakan 9 meter, menurut Iskandar hal itu disebabkan banyak tanah yang berstatus jalan kabupaten itu dimanfaatkan warga disepanjang jalan untuk bangunan. (numcb)

4 Comments on this Post

  1. apakah sudah ada rancangan gambarnya? pingin ngerti gambare kayak gimana .. suwun

    Reply
  2. #Bojonegoro belum mancet tidak perlu mengha,burkan uang untuk ini lebih baik @Lumbung_Pangan galakan agar petani di #Bojonegoro menjadi makmur…..

    Reply
  3. Sarwie Sombro

    Fauns@ bojonegoro belum macet memang, tapi volume kendaraan meningkat setiap tahun dan akhir2 ini sangat padat, namun gak salah kan kalo di antisipasi sejak dini, apalagi realisasinya belum tentu tahun ini kemungkinan bisa 2 atow 3 tahun kedepan. Dan ente juga perlu tahu bahwa PT.Triwahana Universal yg beroperasi di kec. kalitidu merupakan pemasok solar industri ke seluruh jatim, maka tak pelak jalanan bojonegoro dijejali hilir mudik truk-truk super jumbo yg mendistribusikan BBM nonsubsidi tsb dan itu 24 jam nonstop. Dan satu lagi PT.Humpuss juga akan merealisasikan bisnis yg sama seperti PT.Universal, kayaknya jalanan di bojonegoro seperti tak mampu menampung beban lalu lintas jika mengandalkan jalan utama yg ada sekarang ini. Belum lagi PT.Pupuk Kujang yg diproyeksikan memproduksi pupuk 6 kali lipat dibandingkan dgn pabrik utamanya, tahu sendiri kan distribusi pupuk seperti apa. Itu belum termasuk kendaraan migas banyuurip yg mencapai ribuan nantinya, karena indikasi itu sudah terlihat dgn dibangunya jembatan layang oleh exxon mobile yg menandakan betapa sibuknya nanti wilayah kalitidu, gayam dan sekitarnya. Masih banyak lagi contoh2 lain seperti superblok milik MERCURE di sumengko, pabrik gas terbesar di bandungrejo, pergudangan di sekitar KATUR WHEREHOUSE dan masih banyak lagi industri2 turunanya. Dan project2 raksasa tsb ndilalah kersanengalah kok di wilayah barat semua karena di wilayah timur di dominasi gudang tembakau dan basis pabrik rokok, artinya semua kendaraan nanti mayoritas pasti melewati jalan kota karena terkoneksi antar daerah2 industri dan pelabuhan, jadi menurut ane 1000% sangat setuju dengan dibangunya ringroad atau JLK(Jalan Lingkar Kota) tsb sehingga jalan di kota biar lancar, gak ngono ta cak dan ringroad dibangun pastinya melalui riset serta perhitungan yg matang, tidak asal OPO JARE. Dan buat mas fauns, nanti jangan jadi orang pertama yg mengeluh jika kedepan bojonegoro macet, wong saiki kalitidu sak mben dino macet ngono lho, udah banyak keluhan dari pengendara dan masyarakat. Terus piyeeee……..?!?!?

    Reply
  4. Eko Priyono Priyono

    Sarwi Sombro benar…….. Pemerintah harus antisipasi kemacetan jalan di bjn.. Apalagi bojonegoro ini kan rencananya kan dibikin kaya texas nya amerika.. Ayo pemuda bjn siapkan dirimu untuk menyambut bjn kota megapolitan…….

    Reply

Leave a Comment