Share

Antisipasi Angin Kencang, DLH Bojonegoro Siap Amankan Pepohonan

Bojonegoro, 24/1/2019 (Media Center) – Tingginya curah hujan dan potensi angin kencang di Kabupaten Bojonegoro membuat Dinas Lingkungan Hidup turut serta melakukan langkah antisipasi berupa pemangkasan dahan pohon yang rawan patah dan rawan tumbang.

Kepala DLH Bojonegoro, Nurul Azizah menyampaikan, bahwa saat ini musim hujan dan angin kencang. Ia mengimbau agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) turut berpartisipasi dalam pencegahan atau antisipasi bencana akibat angin kencang.

“Apabila ada yang menemukan atau melihat dahan pohon yang sekiranya membahayakan dan rawan tumbang, harap segera menghubungi DLH. Dan jika menemukan pohon tumbang, segera menghubungi BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah),” pesannya saat menjadi inspektur dalam apel pagi, Rabu (23/1/2019).

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro mewaspadai angin kencang disertai petir yang berpotensi menimbulkan kerusakan permukiman warga dan korban manusia selama Februari 2019.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian angin kencang disertai petir yang terjadi beberapa hari terakhir. Tapi, ada sejumlah rumah roboh, juga rusak, termasuk sejumlah pohon roboh,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro Eko Susanto di Bojonegoro, Selasa.

Sesuai prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, Malang, angin kencang disertai petir terjadi sejak dua pekan lalu sampai pekan kedua Februari.

“Kami juga minta masyarakat mewaspadai angin kencang disertai petir yang berpeluang terjadi sampai Februari,” ucapnya.

Ia memberikan, gambaran dalam kejadian angin kencang disertai petir yang datang bersamaan hujan deras Senin lalu (21/1) mengakibatkan beberapa rumah dan sejumlah pohon roboh. Pohon yang roboh itu lokasinya ada yang di pekarangan rumah warga, seperti di Desa Simbatan, Kecamatan Kanor.

“Kalau pohon roboh di rumah warga ya tidak harus memanggil BPBD untuk memotongnya. Tapi, kalau pohon yang roboh di tempat umum menjadi tugas BPBD untuk membersihkan,” ucapnya.(*mcb)

Leave a Comment