Share

Antisipasi Bencana, BPBD Cari Lahan Untuk Posko

Yang menjadi kendala bagi kami saat ini belum menemukan lokasi yang pas untuk mendirikan posko siaga yang akan terus berdiri saat musim rawan bencana seperti saat ini

Bojonegoro (Media Center) – Beberapa waktu lalu perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro dipanggil oleh Deputi Kedaruratan Bencana. Hal ini berkaitan dengan pernyataan Siaga Bencana Indonesia bahwa sesuai Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bahwa saat ini Indonesia sedang berada dalam kondisi rentan bencana. Sehingga daerah-daerah yang rawan bencana diundang untuk menghadiri pertemuan ini.

Dari pertemuan ini, BPBD diinstruksikan untuk bagaimana upaya untuk persiapan menghadapi bencana serta apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak. maka dari itu fungsi BPBD adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, dan jika sewaktu-waktu bencana datang maka masyarakat sudah waspada dan tidak panik serta segera mengungsi.

“Yang menjadi kendala bagi kami saat ini belum menemukan lokasi yang pas untuk mendirikan posko siaga yang akan terus berdiri saat musim rawan bencana seperti saat ini” ujar Amir Syahid, Kepala BPBD Kabupaten Bojonegoro, Kamis (30/01/2014). Mendirikan tenda yang akan siaga selama musim penghujan ini agar kapanpun bisa diakses oleh masyarakat. “Seperti di Desa Ledok Kulon, saat terjadi banjir petugas bergegas mendirikan tenda di tanggul yang menjadi jalan umum. Namun, jika didirikan saat ini maka akan menutup akses warga, maka harus mencari tempat yang lebih lapang dan leluasa” tutupnya. (liamcb)

Leave a Comment