Share

Arkeolog Sangiran: Di Bojonegoro Temuan Baru Situs Purbakala

Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran mengaku menemukan situs purbakala penting di Bojonegoro Jawa Timur. Situs yang diidentifikasi dengan nama Situs Matar tersebut, berada di Desa Ngelo, Kecamatan Margomulyo.

Bojonegoro (Media Center) – Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran mengaku menemukan situs purbakala penting di Bojonegoro Jawa Timur. Situs yang diidentifikasi dengan nama Situs Matar tersebut, berada di Desa Ngelo, Kecamatan Margomulyo.

Hal itu diungkapkan oleh Truman Simanjuntak, Arkeolog prasejarah yang menjadi koordinator penggalian di Situs Matar ini (15/4/2014) di hadapan ratusan pemerhati dunia arkelogi di aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro.

Situs Matar sendiri, merupakan hasil observasi dan penggalian yang dilakukan oleh tim dari BPSMP Sangiran bekerjasama dengan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional yang dilakukan sejak 2012 lalu.

“Penggalian terakhir baru kita lakukan Sabtu dan Minggu (12-13/4/2014) kemarin,” kata Truman. Menurutnya, Situs Matar yang terletak di pinggir Bengawan Solo ini adalah situs yang belum pernah diteliti sebelumnya dan memiliki endapan teras yang luas, tebal, dan kaya akan temuan.

Pada penggalian ini tersingkaplah sebuah lapisan arkeologis  yang menunjukkan endapan pasir krikilan alluvial yang relatif datar pengendapannya, kadang diselingi dengan struktur silang-siur yang mencirikan endapan sungai.Jenis temuannya pun beragam, diantaranya potongan tulang panjang dan fragmen mahkota gigi dari banteng, kerbau, rusa, kuda air, gajah, buaya, dan ikan hiu. Selain itu ditemukan pula alat batu non-masif, alat serpih, yang dibuat dari batu kalsedon.

“Temuan-temuan tersebut diidentifikasi sebagai hasil budaya Homo erectus, spesies terakhir manusia purba,” imbuhnya. (*/lyamcb)

Leave a Comment