Share

Atlet Voli Bojonegoro Ikuti Selekab Porprov Jatim

Bojonegoro, 13/5 – Seratusan atlet bola voli putra dan putri mengikuti seleksi kabupaten (Selekab) persiapan Pekan Olaharaga Provinsi (Porprov) yang dipusatkan di Gelanggang Olah Raga Dari Bojonegoro untuk Indnesia (GOR Dabonsia) di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Sabtu (12/5/2018).
Para atlet ini berasal dari 16 klub dan insan voli yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kota Ledre, sebutan lain Bojonegoro. Mereka mengikuti seleksi selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu (13/5/2018) besok.

“Untuk atlet putra ada 97 putra, dan 40 putri,” kata Imam Ghozali, salah satu tim seleksi ditemui di sela-sela kegiatan.

Seleksi meliputi administrasi termsuk di antaranya ber KTP Bojonegoro, usia maksimal 20 tahun, tinggi dan berat badan, vertikal jumping, squat thrust, push up bacchk, standing, sprint, shuttle run, dan kedisplinan.
“Dari jumlah itu nanti diambil 24 atlet putra, dan 18 atlet putri untuk menjadi tim bola voli Bojonegoro,” jelas pelatih Klub Bola Voli Boma itu.
Menariknya, tim seleksi ini melibatkan perwakilan dari masing-masing klub peserta seleksi. Mereka terlibat langsung dalam seleksi dan tes fisik yang diberikan kepada peserta.
“Biar lebih transparan, dan mereka bisa mengetahui langsung kekurangan dan kelebihan dari atletnya,” tutur guru olahraga SMAN 2 Bojonegoro itu.
Atlet yang lolos seleksi akan menjalani latihan selama setahun untuk persiapan Porprov Jatim yang akan dilaksanakan pada Juli 2019.
“Hasil seleksi ini akan kita serahkan kepada Pengcab untuk dibina. Tentunya harapan kita pembinaan yang diberikan nanti melibatkan pelatih-pelatih yang memiliki standarisasi,” pungkas Imam, sapaan akrabnya.
Pelatih Klub Bola Voli Rajekwsi Desa Ngumpakdalem, Djito berharap, selekab ini bisa menambah pengalaman dan wawasan para atlet tentang cara menjadi pemain voli profesional.
“Di sini mereka jadi tahu bagaimana pentingnya fisik dan skill dalam bermain voli,” ucapnya.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bojonegoro, Dandy Suprayitno menambahkan, selekab ini sebagai bentuk strategi pengembangan dan pembinaan atlet berprestasi dari masing-masing cabang olahraga di Bojonegoro.
“Kami ingin memulai sebuah tahapan untuk kemajuan olahraga Bojonegoro, dan memastikan potensi atlet dari seluruh cabang bisa terakomodir,” sambung Dandy di dampingi Bimbingan Prestasi (Bimpres) KONI Bojonegoro, Udin.
Rencananya, Bojonegoro akan menjadi salah satu tuan rumah Porprov Jatim untuk 12 cabang olahraga. Yakni panahan, tenis meja, bola voli, takrow, angkat besi, binaraga, catur, yudo, pentang (anggar). (*dwi/mcb)

Leave a Comment