Share

Bahan Herbal Tirta Ayu Asli Bojonegoro

Bojonegoro, 21/7 (Media Center) – Bahan obat tradisional herbal produksi Tirta Ayu SPA-V di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sebagian besar diperoleh dari lokal, kecuali buah Majikani.

“Semua bahan rempah-rempah ini (jahe, kayu manis, jinten, juga lainnya) ada di Bojonegoro. Kecuali yang satu ini buah Majakani,” kata Pemilik Tirta Ayu SPA-V Bojonegoro Ny. Lenywati, di Bojonegoro,Rabu (20/7).

Namun, menurut dia, buah Majikani juga mudah diperoleh karena di luar daerah banyak ditanam, antara lain, di Sumatera.

“Hanya harganya yang agak mahal sekarang Rp8 juta per kilogramnya,” katanya sambil menunjukkan buah Majakani warna coklat mentah sebesar kelereng ketika menerima kunjungan Wakil Presiden Organisasi Miss Kamerun Ratu Erma Yusuf.

Dalam kunjungannya itu Ratu Erma Yusuf didampingi suaminya Bruno dan Wakil Presiden Asosiasi Perdagangan Wilayah Afrika Jean Baptiste Ekkeu.

Hadir dalam acara kunjungan itu Kepala Bidang Pengembangan Usaha dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Budiyanto.

Ia menjelaskan kunjungan rombongan Ratu Erma Yusuf ke Bojonegoro karena tertarik mengembangkan obat tradisional herbal terkait kesehatan Vagina di Kamerun.

Meskipun obat tradisional herbal produksi Tirta Ayu SPA-V sudah mulai dipasarkan di Kamerun, juga berbagai negara lainnya di Afrika sejak 2008.

“Sekarang produk Tirta Ayu SPA-V yang dipasarkan di Kamerun ada 15 jenis. Kalau datang langsung kesini dan tahu cara pembuatannya untuk pengembangan di seluruh pelosok Kamerun tidak ragu lagi,” katanya menegaskan.

Menjawab pertanyaan Wakil Presiden Miss Kamerun Ratu Erma Yusuf mengatakan tertarik dengan berbagai jenis herbal produksi Tirta Ayu SPA-V karena masih tradisional.

“Saya tertarik melihat langsung pembuatan obat tradisional Tirta Ayu masih tradisional,” katanya menegaskan.

Pada kesempatan itu, Ny. Lenywati membuatkan minuman tradisional herbal yang bahannya, antara lain, daun sirih untuk Ratu Erma Yusuf. Selain itu, rombongan asal Kamerun yang laki-laki juga mendapatkan suguhan minuman beras kencur. (*/mcb)

Leave a Comment