Share

Bahas Penambang, Dinas ESDM Koordinasi Dengan PT GCI

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bojoegoro, Jawa Timur, menyampaikan, telah berkoordinasi dengan Kerjasama Operasi (KSO) sumur tua PT Geo Cepu Indonesia (GCI) untuk menyelesaikan permasalahan dengan penambang di wilayah Sumur Tua di Desa Kawengan, Kecamatan Kedewan.

“Permasalahannya, ada penambang yang masih menguasai sumur-sumur milik PT GCI yang di-KSO-kan dengan Pertamina EP,” ujar Kepala Dinas ESDM, Agus Suprianto, Selasa (15/12).

Dia mengatakan, dari hasil rapat yang dilakukan beberapa waktu lalu, juga untuk memperoleh gambaran sejauh mana rencana tindak lanjut dan skema penanganan dampak sosial masyarakat di wilayah kerja PT GCI.

Langkah-langkah yang dilakukan yaitu, PT GCI akan membentuk tim swakelola, melakukan negosiasi dengan paguyuban, mendapatkan persetujuan tim swakelola. Sementara penertiban sumur dilakukan oleh internal PT GCI, dengan memberikan informasi kepada pihak berwajib.

Agus menjelaskan, untuk pengamanan dilapangan, PT GCI menggunakan perusahaan Garda Security yang merupakan anak perusahaan dari PT GCI.

“Kami berharap, mereka juga merekrut warga setempat untuk tenaga keamanan,” pungkasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment