Share

Balai Bahasa Jatim Gelar Acara Koordinasi Penggunaan Bahasa Media Massa

Bojonegoro, Media Center – Balai Bahasa Jawa Timur menggelar koordinasi penggunaan bahasa media massa di Bojonegoro, Selasa (16/7/2019). Kegiatan yang dilaksanakan di MCM Hotel dan Resto Jalan Pemuda No5 Bojonegoro ini diikuti perwakilan media cetak dan elektronik di Bojonegoro.

Kepala Balai Bahasa Jatim, Mustakim menjelaskan kegiatan ini bertujuan sebagai koordinasi awal antara Balai Bahasa dengan media massa untuk menggali data penggunaan Bahasa Indonesia di media massa khususnya di Bojonegoro.

“Istilahnya kita kulonuwun atau permisi untuk mengambil data penggunaan bahasa dari media massa di sini,” ujarnya membuka pembicaraan.

Dari koordinasi yang dilakukan hari ini akan dilanjutkan pengambilan data penggunaan bahasa di media massa untuk kemudian dianalisa sebagai bahan penyuluhan kepada wartawan yang akan dilaksanakan pada pertemuan lanjutan. Analisa dilakukan untuk mengetahui apakah media massa di Bojonegoro telah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Sehingga informasi yang disajikan mengedukasi pembaca dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari, baik untuk masyarakat maupun media itu sendiri,” tegasnya.

Menurut dia, sekarang ini penggunaan Bahasa Indonesia di ruang-ruang publik khususnya di kota-kota besar mulai tergeser dengan bahasa asing karena dianggap keren. Padahal, seharusnya Bahasa Indonesia harus menjadi yang utama, dan bahasa daerah tetap dilestarikan serta bahasa asing juga harus dikuasai.

“Di sinilah peran penting media massa untuk mengedukasi masyarakat. Ini sesuai fungsi media yakni informasi, edukasi, hiburan dan kontrol sosial,” bebernya.

Balai bahasa, tambah dia, memiliki tugas memartabatkan Bahasa Indonesia, melakukan pembinaan kepada media massa dan meningkatkan budaya literasi.  Tujuan pembinaan adalah meningkatkan sifat positif masyarakat terhadap bahasa dan sastra, kedisiplinan dan keteladanan dalam berbahasa, meningkatkan mutu penggunaan bahasa, dan memasaratkan hasil-hasil pengembangan bahasa. (Dwi/NN)

Leave a Comment