Share

Balai Besar Akan Berikan Uang Ganti Tanah Rp20,9 Miliar

Bojonegoro, 25/4 (Media Center) – Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan (BBWSB) Solo di Solo, Jawa Tengah, akan memberikan uang ganti tanah sebesar Rp20,9 miliar untuk tanah 13,5368 hektare milik warga Desa Papringan, Kecamatan Temayang, pada Juni.

“Pemberian uang itu untuk warga yang bersedia menerima ganti uang atas tanahnya,” kata Kasi Pemanfaatan Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan SDA Bojonegoro Dody Sigit Wijaya di Bojonegoro, Rabu (25/4)

Namun, kata dia, warga di desa setempat ada juga yang tidak bersedia menerima ganti uang tanah, tapi memilih bertahan di lokasi tanahnya sekarang.

Sesuai data di Desa Papringan, Kecamatan Temayang, luas tanah warga termasuk tanah kas desa (TKD) yang terkena dampak pembangunan Waduk Gongseng, mencapai 54 hektare dengan jumlah 334 bidang miliki 223 kepala keluarga (KK).

Sebelum itu, tim pembebasan tanah sudah memberikan ganti uang sebesar Rp11 miliar kepada 36 KK warga Desa Kedungsari, Kecamatan Temayang, yang tanahnya juga dibebaskan untuk Waduk Gonseng dengan luas 7,2 hektare.

Mengenai laporan pembangunan Waduk Gongseng, lanjut dia, sudah terealisasi sebesar 53,756 persen. Uraian pekerjaan yang dilakukan antara lain, pekerjaan “cofferdam”, saluran pengelak, bendungan utama, bangunan pelimpah juga pekerjaan yang lainnya.

“Pembangunan Waduk Gongseng berjalan lancar,” ucapnya menambahkan. (*/d1)

Leave a Comment