Share

Bandara Migas Bojonegoro Dalam Tahap Pembebasan Lahan

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyampaikan, saat ini persiapan untuk membangun bandara sudah memasuki tahap pembebasan lahan.

Pembebasan lahan ini melakukan sistem tukar guling dengan Perhutani. Nantinya, akan ada penggantian lahan di wilayah lain yang telah ditentukan.

“Bandara ini nantinya khusus untuk kegiatan minyak dan gas atau migas saja,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, Iskandar, Kamis (9/6).

Dalam pengajuannya, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro meminta penetapan lokasi kepada Pemprov Jatim untuk bandara khusus yang akan dibangun. Sementara luas lahan yang akan digunakan kurang lebih 20 Hektar (Ha).

“Kami baru saja mendapatkan rekomendasi tidak keberatan dari Komando Angkatan Udara,” ujarnya mantap.

Iskandar mengaku, bandara yang rencananya dibangun di Desa Kunci, Kecamatan Dander ini belum diketahui oleh warga setempat. Pasalnya, Pemkab belum memberitahukan secara resmi.

“Nanti saja kalau sudah proses pekerjaan dimulai,” imbuhnya.

Untuk anggaran yang akan digunakan, pria berkumis tebal ini mengungkapkan ada beberapa opsi yang disiapkan oleh Pemkab. Diantaranya, persiapan lahan, sharing dana antara Pemkab dengan Pemerintah Pusat melalui BUMN, atau sepenuhnya diserahkan oleh pihak ketiga.

“Berapa kebutuhan untuk membangun bandara yang tahu Dinas PU. Mereka yang nanti mengerjakan engineeringnya,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment