Share

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Bojonegoro

Bojonegoro, 17/11 (Media Center) – Banjir bandang dan tanah longsor menerjang wilayah Bojonegoro selatan, Kamis (16/11/2017) malam akibat hujan yang terus menerus turun selama kurang lebih 3 jam.

“Selain banjir bandang di Kecamatan Dander, juga terjadi di Kecamatan Sekar,” kata Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Andik Sudjarwo, Jumat (17/11/2017).

Dia mengatakan, banjir bandang tersebut terjadi akibat terjadinya hujan lebat dengan durasi lama dan pendangkalan sungai akibat sedimen erosi dari hutan yang gundul di hulu.

Di Kecamatan Dander, banjir bandang menerjang Desa Growok, Kunci dan Desa Sumberarum. Di Desa Kunci, air mengalir cukup deras dengan kedalaman 20 hingga 50 cm.

“Bahkan, di kecamatan Sekar hujan juga mengakibatkan tanah longsor yang menimpa rumah warga,” imbuhnya.

Saat ini, air yang sempat mengalir dari kawasan perbukitan dan hutan menerjang mulai surut. Awalnya, saat hujan turun, air menerjang deras meleeati jalan desa dan menggenang dengan ketinggian sekitar 15 cm.

Banjir bandang terjadi di Desa Bobol, Kecamatan Sekar, menimpa tiga dusun, yakni Dusun Bobol, Dusun Dawe dan Dusun Kaliklampok. Sementara 12 rumah warga tergenang air.

Sedangkan untuk tanah longsor di RT 9 / RW 4 Dusun Kalipapak Desa Sekar, menimpa rumah Panijan (66) hingga mengalami rusak sedang.(*dwi/mcb)

Leave a Comment