Share

Bawaslu Jatim Janji Umumkan Caleg dan Parpol Pelanggar Aturan

Pengumuman tersebut bisa digunakan masyrakat untuk menetukan pilihannya dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 mendatang

Bojonegoro (Media Center) – Pelanggaran yang dilakukan para Calon Anggota Legislatif (Caleg) dan Partai Politik (Parpol) bakal diumumkan ke masyarakat luas. Hal itu diungkapkan oleh Sri Sugeng Pujiatmiko, selaku Divisi Penindakan badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) jawa Timur, saat menggelar sosialisasi siaran kampanye melalui media penyiaran di Griya Dharma Kusuma (GDK) Bojonegoro (Jumat, 7/2/2014).

Ia menyebutkan, pengumuman tersebut bisa digunakan masyrakat untuk menetukan pilihannya dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 mendatang. Sosilisasi itu sendiri dihadiri oleh sejumlah Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang ada di sekitar Kota Bojonegoro, Komisi Pemilihan Umum Daerah, dan perwakilan lembaga penyiaran.

Dalam kesempatan tersebut, Bawaslu Jatim mengaku tidak memiliki patokan yang sama untuk pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Menurutnya, setiap Kota/Kabupaten aturan mengenai pemasangan APK ditentukan berdasarkan kesepakatan dan keputusan dari KPUD dan Pemkab/Pemkot masing-masing.

Untuk di Bojonegoro sendiri, Bawaslu mengaku menerima data yang menyebutkan bahwa aturan zona pemasangan APK adalah satu kecamatan satu lokasi. Selain dari Bawaslu, dalam sosialisasi yang diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) itu, hadir sebagai narasumber adalah M. Dawud (KPID Jawa Timur) dan Prasto Wardoyo (Wartawan). (famcb)

Leave a Comment