Share

Bedholan Lembu Cara Bojonegoro Melestarikan Budaya dan Menggairahkan Peternakan

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menghadiri event Kebudayaan bertajuk “Bedholan Lembu” di Desa Bakalan, Kecamatan Tambakrejo, Jumat (8/11/2019).

Camat Tambakrejo Harry Kristianto, menjelaskan lembu (sapi) bagi masyarakat Bakalan merupakan Raja Kaya atau simbol kekayaan. Warga yang ingin menjual sapi harus membawanya keluar rumah (bedhol).

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di sini,” ujar Harry.

Foto : Humas Bojonegoro

Mantan Kabag Humas dan Protokoler Bojonegoro itu menegaskan, kedepannya “Bedholan Lembu” akan dilaksanakan setiap tahun pada Jum’at pahing bulan November.

“Ini akan kita jadikan event tahunan untuk memperingati Hari Jadi Bojonegoro,” tandasnya.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, Bedholan Lembu sebagai bentuk melestarikan kebudayaan Jawa.

“Ini harus diuri-uri dan dipertahankan agar tidak hilang ditelan jaman,” sambung bupati perempuan pertama Bojonegoro itu.

Bu Anna, sapaan akrab Bupati Bojonegoro berharap, kedepan kegiatan ini dikemas lebih baik lagi. Selain bisa menjadi kalender wisata budaya juga mampu lebih menggairahkan sektor peternakan di Bojonegoro yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Apalagi selama ini peternakan tidak lepas dari masyarakat Bojonegoro. Jadi harus kembangkan lebih baik lagi,” pesannya.(Dwi)

Leave a Comment