Share

Berburu Beasiswa Short Course di Belanda (4-Habis): Pengumuman Beasiswa NFP

Oleh Nove Zain Wisuda (PNS RSUD Bojonegoro)

Bojonegoro (Media Center) – Saya akan membahas mengenai pengumuman beasiswanya. Seperti saya sudah tulis di bagian ketiga, beasiswa yang saya apply hanya NFP saja, jadi tentu saya pengumuman yang saya tunggu hanya NFP, hehehe… ok, ada 2 institusi yang saya tunggu kabar baiknya, yaitu Wageningen University dan KIT / Kloninklijk Instituut voor de Tropen (hahaha).

Saya sudah bisa menulis bahasa belandanya jadi gak saya tulis lagi sebagai The Royal Tropical Institute).

Untuk yang Wageningen University, berdasarkan web resminya, informasi pengumuman akan disampaikan pada 8 minggu setelah deadline, jika deadline aplikasi dulu adalah tanggal 21 Oktober 2015.

Artinya pengumuman akan berkisar sekitar akhir Desember 2015. Untuk KIT di web resminya mencantumkan tanggal pasti yaitu 7 Januari 2016.

Menunggu dan Menunggu

Berdasarkan tulisan-tulisan blog penerima beasiswa di luar negeri yang pernah baca sebelumnya, kemampuan yang harus dimiliki oleh pemburu beasiswa ada kesabaran, termasuk kesabaran menunggu.
Oleh sebab itu saya juga terus bersabar untk menunggu, walaupun galau juga… masa setelah 21 Oktober 2015 adalah masa yang terus galau… apalagi sejak masuk bulan Desember… hu hu…

Setiap ada bunyi “nguing” di hp, yang merupakan penanda masuknya email, pasti langsung deg-degan, setelah dibuka ya…. seperti biasa… paling yang masuk email dari milist FKM UI, milist Bahsul Masail NU, milist beasiswa yahoo, atau dari web-web science seperti livesience atau edx.org… gak muncul muncul email dari Wageningen ataupun KIT yang membawa berita pengumuman NFP.. tanggal sudah melewati 25 Desember 2015, eh…

Pengumuman belum datang juga.. yuhu….. semakin deg-degan…yah tapi saya menghibur diri, mungkin Universitas di Belanda juga sedang liburan Natal dan Tahun Baru.. kali aja pengumuman setelah tahun baru semua. Mau email Universitas gak berani, karena di web resminya di tulis bahwa sebelum wakt pengumuman, mereka lebih suka tidak menerima email dari kita yang isinya menanyakan hasil.

Takut kalau mereka ilfil, malah gak jadi dipilih nanti 🙂 Jadilah saya bersabar hingga awal 2016.

Pengumuman NFP Dari KIT dan Wageningan University
Memasuki 6 Januari 2016, seharian saya deg-degan, termasuk bikin status BBM “hari ini tanggal 6, besok tanggal 7”, karena tanggal 7 adalah waktu pengumuman dari KIT.

Setiap email masuk di HP segera saya cek… tapi belum ada juga dari KIT maupun Wageningen University. Sampai sekitar pukul 17.30 WIB (waktu amsterdam mungkin sekitar pukul 11.30), nguing…. masuk email, saya lihat dari Rinia Sahebdin KIT… saya mulai deg-degan…. saya buka email tersebut, berjudul “NFP Award for HRH Course” saya baca sekilas… Alhamdulillah…… saya lulus….. ini email resminya dari KIT (foto)

Hal yang perlu saya lakukan adalah menjawab YES, tapi drama belum berhenti… Karena waktu itu juga masih menunggu jawaban dari Wageningen University saya ajak ngobrol istri dan orang tua, gimana nih langsung dijawab YES atau nunggu kabar dari Wageningen, tapi deadline besok (tanggal 7 Januari 2016), istri dan orang tua saya bilang kalau jawab YES aja yang sudah pasti.

Segera saya ambil keputusan dengan menjawab YES, sambil masih deg-degan nunggu kabar dari Wageningen University. Tiga jam kemudian, sekitar pukul 21.00 masuk Email dari Wageningen University, isinya menyatakan saya tidak lolos.

Alhamdulillah…… baru kali ini dapet email gak lolos tapi juga bisa bilang ALhamdulillah, karena pilihan jadi jelas cuma 1, hehehehe…

Karena batas jawaban it harus diterima KIT pada tanggal 7 Januari, saya pantau terus email, menunggu respon dari KIT untuk memastikan bahwa email saya masuk, kalau gak masuk kan berabe juga, masa gak jadi dapet beasiswa cuma karena balasan YES gak masuk.

Sampai 7 Januari sore (di belanda pagi, lebih lambat 6 jam) belum ada respon juga dari KIT. Kemudian saya kirim ulang jawaban, saya jawab lagi YES. Setelah it saya pantau email lagi, sampai malam belum ada respon juga…jadi tambah was was… akhirnya, pukul 22.00 (di belanda mungkin pukul 16.00) di HP saya masuk telepon dengan keterangan lokasi Amsterdam, wah… saya kaget, langsung saya angkat ternyata dari KIT, mereka memberitahu kalau tanggal 6 Januari sudah kirim email mengenai pengumuman NFP, apakah sudah tahu? saya jawab sudah, dan saya sudah balas dua kali.

Mereka bilang kalau belum terima email, jadi per telepon merekan menanyakan apakah beasiswanya jadi mau diambil? sambil masih nervous saya bilang iya, saya ambil. Kemudian di pembicaraan terakhir mereka minta saya mengirim email lagi, saya bilang OK dan minta tolong memberi respon jika telah terima email.

Jadilah jam 10 itu saya buka laptop dan hp, saya kirim lagi beberapa kali melalui laptop maupun hp. Hinggal pukul 22.30 kok belum ada respon juga. Sebagai info saya mendaftar dengan menggunakan yah** mail, jadi saya korespondensi juga menggunakan yah** mail.
Saya cek sent item sudah ada 12 kali saya kirim email, tapi belum ada respon juga. Akhirnya saya putuskan untuk mengirim jawaban melalui gmail, beberapa menit kemudian datang jawaban dari Rinia.

Ini emailnya
Dear Nove,
Thanks you for your confirmation.
No, I didn’t receive emails from your yahoo account.
I will keep the communication with you to your gmail account.

Kind regards,
Rinia Sahebdin

Dari peristiwa itu, ternyata efektifitas kerja email menjadi sangat penting, jadi nanti perlu diperhatikan juga emailnya bagi para pemburu beasiswa, bayangkan jika KIT tidak berbaik hati untuk menelpon saya, tinggal dibatalin aja kan beasiswanya karena dianggap saya tidak memberi respon, wih … serem banget…

Alhamdulillah… sudah dapat konfirmasi resmi dari KIT, besoknya datang lagi email yang berisi NFP Official Award Letter yang berisi pemberitahuan resmi menjadi penerima award beserta kondisinya termasuk form statement bagi Fellowship Holder. Statementnya segera saya tanda tangani, scan dan kirim, karena dalam surat resminya dijelaskan jika statement tidak diterima Universitas hingga tanggal 11 Januari, maka akan dibatalkan

Setelah statement yang saya kirim mendapat respon, saya jadi tenang… dan… langkah berikurnya adalah persiapan mengurus Visa, karena tiket pesawat, Asuransi dan penginapan diuruskan oleh Universitas, jadi saya tinggal menunggu kabar dari Universitas, walaupun juga sambil tanya-tanya via email supaya tidak ketinggalan berita.

Ok, selamat berburu beasiswa di Negeri Van Oranje

Salam….

Leave a Comment