Share

Berburu Kuliner dan Kerajinan di BACT

Bojonegoro, 3/11 (Media Center) – Aneka jajanan dan makanan, ratusan produk craft Bojonegoro disajikan dalam Bojonegoro Art, Culture and Tourism yang mulai dibuka hari ini di Gedung Serbaguna Jalan KH Mansur Ledokwetan, Kelurahan Bojonegoro, Kamis (2/11/2017). Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerjasama dengan sejumlah komunitas itu akan berlangsung hingga 12 November berlangsung.

Berdasarkan pantauan, di event ada beragam kegiatan antara lain festival bonsai, bazar kuliner , bazar craf dan batik, pameran seni dan budaya, pertunjukan tari daerah, band pelajar dan aneka hiburan yang lainnya. Selain itu bagi pengunjung yang berbelanja 50 ribu dan kelipatannya mendapatkan tiket trip wisata di beberapa objek wisata di Bojonegoro.

Ketua Penyelenggara, Budiharto mengatakan event ini adalah kali pertama digelar dalam rangka mewadahi semua pelaku usaha dan wisata di Bojonegoro sekaligus upaya meningkatkan kreatifitas masyarakat Bojonegoro mulai kuliner, produk craft dan budaya sehingga bisa bersaing dengan daerah lain di sekitar Bojonegoro.

Untuk lomba bonsai diikuti 177 peserta dari Jakarta, Bandung, dan beberapa kota di Jawa Timur, 22 stand craft, 25 stand seni yang terdiri dari lukisan, seni ukir dan lain sebagainya. Sedangkan stand kuliner terdapat 24 stand.

“Terimakasih kepada pemkab yang telah memberikan kesempatan memfasilitasi even i ini. Kedepan akan lebih kita tingkatkan lagi,” ujarnya.

Sementara itu Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bojonegoro, Setyo Yuliono menyampaikan para pelaku UMKM harus mau merepoti organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak swasta untuk membangun sektor wisata dan umkm di Bojonegoro.

“Kita tidak bisa bergerak sendiri harus saling berkolaborasi membangun Bojonegoro,” tegas mantan Camat Gayam itu.

Setyo Yuliono berpesan agar komunikasi dan publish diintensifkan untuk menarik kunjungan. Apalagi masyarakat Bojonegoro harus diberikan informasi agar mengetahui event ini.

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Bojonegoro, Amir Syahid, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Elza Deba Agustina, perwakilan dari Kabupaten Lamongan.

Mengawali prosesi pembukaan event BACT ini dengan tampilan Tari Thengul yang merupakan tari penyambutan yang dibawakan oleh Sanggar Angling Dharma Bojonegoro. Pembukaan ditandai dengan pembunyian kodok ngorek yakni mainan dari tembikar yang diproduksi oleh perajin di Desa Rendeng Kecamatan Malo.(dwi/kominfo)

Leave a Comment