Share

Berhasil Dorong UMKM, Bojonegoro Raih Penghargaan ICSB Indonesia City Award 2019

Bojonegoro, Media Center – Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bojonegoro, cukup pesat. Tercatat, tahun 2017, jumlahnya sebanyak 78.114 UMKM, kemudian meningkat menjadi 78.506 pada 2018.

Sementara tahun 2019 ini ada 290 UMKM baru, dengan rincian 280 orang usaha menengah, dan 10 orang usaha kecil.

Pesatnya pertumbuhan UMKM di Bojonegoro dipengerahui oleh beberapa faktor. Diantaranya karena adanya signifikasi antara kreatifitas pelaku usaha dengan konsumen, bagusnya sistem pemasaran, meningkatnya kualitas produk, dan meningkatnya daya beli masyarakat.

Tumbuh dan berkembangnya UMKM ini mengantarkan Bojonegoro meraih penghargaan Internasional Council for Smaall Business (ICSB) Indonesia City Award 2019. Penghargaan diterima Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto di acara “Galang UKM Indonesia 2019”, Senin ( 7/10/2019), di Institut Pertanian Bogor.

“Bojonegoro mendaptkan penghargaan untuk kategori Natamukti,” ujar Wabup.

Kategori terssbut diberikan kepada Kota/Kabupaten yang telah dianggap berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun sistem UMKM di Daerahnya.

Selain kategori “Natamukti”, ada dua kategori lain yang diserahkan dalam penganugerahan ini, yaitu “Natamukti Nindya Ganapravara” dan “Natamukti Nindya”.

“Capaian ini sangat membanggakan untuk kita semua sebagai masyarakat Bojonegoro,” ujarnya.

Khususnya pelaku UMKM yang telah berupaya mempromosikan Kabupaten Bojonegoro, menurut Wabup, penghargaan ini bukanlah capaian akhir. Melainkan sebagai pelecut agar dapat lebih produktif, inovatif dalam menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki. (Rin/Dwi)

Leave a Comment