Share

Bertahap, BPJS Kesehatan Terapkan Aplikasi Klaim Online

Bojonegoro (07/3) – BPJS Kesehatan mengembangkan sistem pengelolaan klaim agar lebih efektif dan efisien dengan melakukan upaya simplifikasi dalam hal verifikasi, yaitu dengan menggunakan sistem Verifikasi Digital Klaim (VEDIKA). Dengan implementasi VEDIKA yang merupakan aplikasi baru BPJS Kesehatan berbasis web, verifikator tidak lagi melakukan verifikasi manual, dengan memeriksa berkas satu persatu (paper by paper), tetapi menggunakan sistem aplikasi yang disebut Aplikasi Vidi (Verifikasi Digital), terhadap tagihan yang diajukan oleh rumah sakit, melalu Aplikasi V-Claim (Verifikasi Claim).

BPJS Kesehatan Bojonegoro melaksanakan Sosialisasi Pengenalan Aplikasi V-Claim atau yang juga disebut sebagai Aplikasi Surat Eligibilitas Peserta (SEP) Online, sebagai pengganti dari Aplikasi SEP sebelumnya yang merupakan aplikasi berbasis desktop. Kegiatan tersebut dihadiri oleh dua rumah sakit di wilayah Kabupaten Bojonegoro yaitu RSUD dr. R. SosodoroDjatikoesoemo dan Klinik Utama Kedungadem dan dua Rumahsakit di wilayah Kabupaten Tuban, yaitu RSUD dr. R. Koesma Kab. Tuban dan RS Nahdlatul Ulama Tuban yang merupakan rumah sakit tahap terakhir mapping VEDIKA.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh petugas frontliner RS, petugas koder RS, petugas administrasi klaim RS dan IT. Direncanakan mulai 1 Maret 2018 RS NU dan Klinik Utama Kedungadem sudah akan menggunakan aplikasi V-Claim atau SEP Online, menyusul kemudian tanggal 1 April 2018 mendatang oleh RSUD dr. R. SosodoroDjatikoesoemo dan RSUD dr. R. Koesma.

Triyanto Adi, IT HD BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro menjelaskan, Aplikasi V-Claim akan diakses oleh pihak rumah sakit guna penerbitan SEP maupun penagihan klaim yang untuk selanjutnya dikirimkan berupa soft file yang akan diterimakan dalam aplikasi Vidi yang akan digunakan oleh verifikator untuk melakukan proses verifikasi pada saat pelaksanaan Vedika.

Di dalam menu Dashboard dapat dijumpai beberapa fitur berupa informasi jumlah peserta yang mendapatkan pelayanan RITL pada tanggal berjalan, pelayanan RJTL pada tanggal berjalan, pelayanan RITL pada tanggal kemarin, pelayanan RJTL pada tanggal kemarin, Informasi kunjungan per poli serta informasi spesialistik ruang rawat, menu SEP, menu rujukan, menu Lembar Pengajuan Klaim (LPK), kirim file, referensi serta menu laporan.” terang selaku pemateri pada pagi itu.

“Kedepan, BPJS Kesehatan akan menyusul meluncurkan Aplikasi Apotek Online dan Aplikasi E-Claim, dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan faskes, khususnya provider BPJS Kesehatan,”.(mcb)

Leave a Comment