Share

Besok, Kirab Pusaka untuk Lestarikan Budaya Digelar di Desa Deru

Bojonegoro, Media Center – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Deru, Kecamatan Sumberrejo bekerjasama dengan Pramuka Cabang Sumberrejo akan menggelar kirab pusaka Kamis (16/9/2020). Kirab Pusaka diharapkan bisa menjadi agenda tahunan untuk promosi wisata desa.

Ketua panitia kirab, Maksum menuturkan, kirab pusaka akan dimulai pagi dengan agenda jamasan. “Sudah ada 57 pusaka milik warga yang didaftarkan untuk diikutkan dalam acara jamasan,” katanya Rabu (15/9/2020).

Acara ini sendiri bernama Kirab Pusaka Pasopati Nagaderu. Pusaka tersebut merupakan pusaka di Padepokan Pring Watu di desa Deru. “Besok pusaka itu akan diserahterimakan kepada Pemerintah Desa Deru. Kirab sendiri digelar malam hari,” tuturnya.

Acara ini, lanjut dia, selain sebagai agenda wisata juga bertujuan melestarikan peninggalan leluhur. Saat ini banyak pusaka yang diburu dan disimpan oleh kolektor, padahal masyarakat juga memiliki hak untuk menyimpan dan merawatnya. “Kami prihatin dengan kondisi demikian. Makanya kirab pusaka ini digelar,” kata Gus Maksum.

Lantaran acara digelar di masa pandemi covid-19 maka panitia acara mewajibkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan saat mengikuti acara, diantaranya memakai masker. “Protokol kesehatan wajib diterapkan. Ini sudah komitmen bersama,” tegasnya.(NN)

Leave a Comment