Share

BKD Bojonegoro Umumkan Hasil Tes Assesment PNS

Bojonegoro (Media Center) – Kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Bojonegoro, Jawa Timur, cukup rendah. Dari 971 PNS yang mengikuti tes assessment psikologi 2016 yang dilaksanakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat, hanya 354 orang yang memenuhi standart Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Data dari BKD Bojonegoro, dari sejumlah pejabat Eselon IV sebanyak 690 orang yang mengikuti tes hanya 51 orang (7,6%) yang memenuhi standart. Untuk pejabat Eselon III dari 168 orang hanya 4 orang (2,5%) yang melebihi standar (MS). Sedangkan untuk staf dari 113 orang yang memenuhi standar 27 orang melebihi standart (25,2 persen).

Sementara untuk pejabat Eselon IV dari yang mengikuti tes sebanyak 416 orang mendapat predikat melebihi standar. Eselon III yang memenuhi standart sebanyak 43 orang, dan staf yang memenuhi standart sebanyak 76 orang.

Dalam tes ini mereka mendapat soal tentang tes tupoksi, pengembangan ESDM, wawasan kebangsaan, perencanaan, pelayanan masyarakat, pemerintahan dan pengawasan.

Dari hasil tes ini PNS yang melebihi standart komptensi akan dipromosikan untuk naik eselonnya. Sedangkan yang memenuhi standart bisa dimutasi dengan eselon tetap tetapi digeser tempatnya, dan yang tidak memenuhi atau di bawah standart akan didemosi atau diturunkan dari jabatannya.

“Bagi yang akan promosi besok akan memperoleh surat untuk wawancara di BKD,” kata Kepala BKD Bojonegoro Zainuddin saat mengumumkan hasil tes di Ruang Angling Dharma , Senin (11/7) .

Di tempat yang sama, Bupati Bojonegoro, Suyoto, mengungkapkan, rata-rata hasil tes assessment ini jauh dari standar UU ASN. “Hasilnya jatuh, di bawah standart,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bojonegoro, Soehadi Meoljono meminta kepada PNS yang tidak memenuhi standart atau syarat harus legowo. “Sebagai PNS haru siap dimutasi, dipromosikan, atau didemosi,” pungkasnya.

Informasi yang diperoleh kanalbojonegoro.com, setelah pengumuman tes ini akan segera dilakukan mutasi. Kabar yang berkembang mutasi akan dilaksanakan pada pekan ini.(dwi/mcb)

Leave a Comment